Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PENGURUS OSIS DAN DPK SMA NEGERI 1 RAIJUA PERIODE 2022/2023 RESMI DILANTIK

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah perkumpulan peserta didik di lingkungan sekolah yang menjadi elemen penting dalam dinamika dan geliat praksis penyelenggaraan sekolah. OSIS juga menjadi wadah pertama bagi peserta didik dalam mendalami dan mempelajari konsep demokrasi sekaligus membentuk mental kepemimpinan di masa depan. Untuk itu, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sabu Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, menggelar pemilihan jajaran Pengurus OSIS dan Dewan Perwakilan Kelas (DPK) Periode 2022/2023, Rabu (18/8/2022).

 

Proses pemilihan tersebut terdiri dari beberapa tahapan, seperti pembentukan Panitia Komisi Pemilihan OSIS (KPO), penjaringan bakal calon, uji kelayakan (fit and proper test) oleh Pembina OSIS, kampanye terbuka oleh pasangan calon, serta pemilihan dan perhitungan suara. Semua tahapan proses tersebut dilakukan secara langsung, jujur, dan adil. Di dalam proses panjang tersebut, para peserta didik dapat mempelajari berbagai hal, seperti penyusunan visi, misi, dan program kerja; menajamkan penalaran; dan public speaking saat berkampanye.



Saat penjaringan suara, Pantia KPO menyiapkan surat suara, kotak suara, dan papan perhitungan suara beserta alat kelengkapan lainnya. Semua peserta didik, tanpa terkecuali, memiliki hak yang sama untuk memilih. Setelah proses pemungutan dan perhitungan suara, maka diperoleh hasil sebagai berikut, Pasangan Nomor Urut 01 (Lasarus Bale Ludji-Yunita Mau Hidja/Paket Asyik) memperoleh 197 suara, Pasangan Nomor Urut 02 (Vera K. Hibu Piga-Yohanes Appu Biha/Paket Firman) memperoleh 214 suara, serta jumlah suara yang tidak sah sebesar 9 suara. Dengan demikian, Pasangan  Nomor Urut 02 (Vera K. Hibu Piga-Yohanes Appu Biha/Paket Firman) terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Osis Periode 2022/2023.

 

Pelantikan Pengurus OSIS dan DPK Periode 2022/2023

 

Untuk melegitimasi proses demokrasi tersebut secara de jure, maka pada Senin (22/8/2022) dilakukan Prosesi Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Osis beserta Pengurus yang sudah terbentuk oleh Tim Formatur Periode 2022/2023 yang dipimpin langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Raijua, Martinus Lay Wadu, S.Pd.

 

Dalam amanatnya, Martinus memberikan apresiasi kepada semua pihak, terutama Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan, Pembina OSIS, dans seluruh stakeholders, yang telah mendukung terlaksananya proses demokrasi tersebut. Martinus berharap agar para Pengurus OSIS dan DPK yang telah dilantik dapat bekerja dengan sungguh-sungguh sebagai lokomotif atau penggerak, sehingga mampu memberikan dampak yang positif bagi kemajuan SMA Negeri 1 Raijua.  



“Pembinaan kegiatan OSIS melalui pembina dan dibantu guru pendamping masing-masing bidang harus benar-benar aktif, sehingga ada kegiatan yang berdampak positif untuk pengembangan potensi minat dan bakat siswa. Terima kasih kepada pengurus OSIS Terdemisioner yang telah bekerja selama kurang dari satu tahun masa bakti, serta berharap ilmu dan pengalaman yang didapat menjadi bekal di kemudian hari di dunia sosial kemasyarakatan,” sambung Martinus.

 

Sementara itu, secara terpisah, Pembina OSIS SMA Negeri 1 Raijua, Yulius Wolo Lomi, S.Sos., mengatakan, “Pendidikan demokrasi melalui kegiatan Pemilihan OSIS kali ini pada SMA Negeri 1 Raijua dengan sistem Pemilihan Umum (PEMILU) bertujuan agar siswa mengenal proses demokrasi di Indonesia umumnya, menumbuhkan rasa tanggung jawab, kesadaran politik, dan sikap kritis sebagai masyarakat terpelajar.”



Pantauan media, prosesi pelantikan berlangsung aman dan penuh hikmah, serta turut hadir menyaksikan Wakasek Bidang Kesiswaan dan Dewan Guru SMA Negeri 1 Raijua. (Hms/MDj/red)


Post a Comment

1 Comments