Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MASYARAKAT WEWIKU RAYAKAN HUT KE-77 RI DENGAN ANEKA LOMBA DAN PENTAS SENI BUDAYA

 

(Foto: Suasana Perayaan HUT Ke-77 RI di Kecamatan Wewiku)


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Masyarakat se-Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia (RI) dengan Pergelaran Lomba dan Pentas Seni Budaya, Rabu (17/8/2022). Pergelaran yang dilaksanakan pasca Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Kantor Kecamatan Wewiku tersebut turut dihadiri oleh peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan, baik PAUD, SD, SMP, maupun SMA/SMK. Pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, Camat Wewiku, Yohanes Klau Seran, S.IP bertindak sebagai Inspektur Upacara dan beberapa peserta didik dari SMAS Fore Nurak turut beperan sebagai Pengibar Bendera.    

 

Kemeriahan HUT Ke-77 RI tersebut turut diramaikan oleh penampilan Drum Band dari SMA Negeri Webriamata yang mampu memukau seluruh anggota masyarakat. Setelah Upacara Pengibaran Merah Putih, masyarakat disuguhi oleh rangkaian perlombaan dan penampilan seni budaya, berupa bidu, likurai, lomba lari karung antar SMP, senam pronalis (lansia) dari Dusun Laensukabi yang dimotori oleh para tenaga media dari PKM Weoe, dance, Tarian Pancasila dari SMPN Badari, pembacaan puisi, tari tambang antar desa, dan panjat pinang.



Kepada media ini, Yohanes, selaku Camat Wewiku, mengaku bangga dan sangat mengapresiasi seremonial dan kegiatan yang digelar oleh masyarakat se-Kecamatan Wewiku. Antusiasme masyarakat dan pelajar, ungkapnya, menjadi bukti bagaimana HUT Ke-77 RI ini dirayakan dengan penuh kebahagiaan. Semua elemen masyarakat, sambung Yohanes, baik dari kepala desa, kepala sekolah, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat, turut berpartisipasi pada momentum tersebut, sehingga bisa turut mempromosikan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah ini dari satu generasi ke generasi lainnya.

 

“Perayaan hari ini kita jadikan sebagai momen untuk evaluasi. Ke depan kita akan mengadakan lomba sepekan sebelum acara puncak, entah lomba gerak jalan, bidu, likurai, akar beluk. Kita harus mempromosikan budaya kita agar bisa dikenal dan generasi muda ini bisa melestarikan budaya-budaya daerah kita,”

 

“Rencana setiap tahun ada tiga event di kecamatan kita, yakni perayaan 2 Mei, HUT Kecamatan Wewiku dan HUT RI. Hal ini sudah menjadi bagian dari agenda kecamatan, sebab Kecamatan Wewiku akan menjadi Kecamatan Pariwisata ke depannya. Harapannya, semoga kita bisa menyatukan persepsi dan kerja sama semua pihak di wilayah ini,” tandas Yohanes.

 


Sementara itu, seorang warga dari Dusun Laensukabi, Elisabeth Luruk, mengaku senang menyaksikan penampilan dan hiburan yang disuguhkan. Dirinya berharap agar kegiatan serupa bisa terus digelar guna mempererat hubungan antar masyarakat.

 

Pantauan media, sebelum digelarnya seluruh rangkaian kegiatan, RD. Pius Nahak selaku Pastor Paroki Salib Suci Weoe memimpin doa pembuka didampingi RD. Frederikus Oeleu. Selain itu, turut hadir para kepala desa, kepala sekolah tingkat SD hingga SMA/SMK, tokoh masyarakat, guru, dan peserta didik se-Kecamatan Wewiku. (Felix Natu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments