Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KGBN ENDE: GURU DITUNTUN SIAP BELAJAR

 

(Foto: Tangkapan layar pada Kegiatan Pelantikan BPK KGBN Kabupaten Ende secara daring)


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Badan Pengururus Kabupaten (BPK) Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Ende resmi dilantik pada Jumat (5/8/2022) secara daring.

 

Dalam Orasi Merdeka Belajar, Wilfridus Kado selaku Ketua KGBN Ende mengatakan bahwa guru berperan penting dalam mewujudkan cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menghadirkan pendidikan yang bermutu sesuai tantangan dan kebutuhan zaman di ruang kelas dan sekolah.

 

Kebijakan Merdeka Belajar pada 2020 lalu dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makariem, menempatkan guru menjadi bagian transformasi pendidikan.

 

“Dalam melaksanakan transformasi pendidikan guru dituntun siap belajar,” ucap Wilfridus.

 

Wilfridus menambahkan kompetensi guru secara teknis dan non teknis perlu ditingkatkan agar mampu melaksanakan pembelajaran berpusat pada anak, sebagaimana dasar Kurikulum Merdeka yang mengadopsi Falsafah Ki Hajar Dewantara.

 

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Guru Belajar Nusantara, Usman Jabbar mengatakan bahwa guru juga harus mempunyai siasat dari ketidakberdayaan, berdaya dengan tidak menjadi korban, serta mampu mengembangkan potensi.

 

Pada kesempatan itu, juga dilantik Badan Pengurus Provinsi (BPP) KGBN Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Badan Pengururus Kabupaten (BPK) Kabupaten Ngada. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments