Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 1 LOBALAIN GELAR UKK

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka mengukur kompetensi peserta didik dan menjalankan amanat kurikulum, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lobalain menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun Pelajaran 2021/2022, Kamis (12/5/2022). Adapun bidang keahlian yang akan diuji, yakni Nautika Kapal Penangkapan Ikan, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, serta Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

 

Dalam arahannya, Kepala SMK Negeri 1 Lobalain, Kristian Isach, S.Pd menjelaskan bahwa sesuai amanat kurikulum, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMK dibuat ke dalam bentuk praktik lapangan yang akan dinilai oleh para penguji dari kalangan profesional sesuai bidang keahlian dan atau guru yang memiliki sertifikat assesor kompetensi.

 

“Terkait soal pengujian akan diberikan dalam bentuk tertulis dan praktik dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi. Adapun materi disajikan secara menyeluruh dari kelas satu sampai kelas tiga. Masing-masing bidang keahlian akan diberikan tiga paket soal dan diberikan kebebasan untuk memilih salah satunya. Sebelum UKK berlangsung, telah didahului dengan verifikasi alat dan bahan oleh para penguji,” tandas Kristian.



Lebih lanjut, Kristian menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan UKK tingkat SMK adalah untuk mengetahui tingkat capaian belajar kompetensi peserta didik; mengetahui pertumbuhan dan perkembangan belajar peserta didik; mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik untuk dapat dibenahi; serta mengukur efektivitas Proses Belajar dan Mengajar (PBM).

 

Sementara itu, Ketua Kompetensi Keahlian Bidang Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Jefrison Ndun, S.Pd, Gr menambahkan bahwa persiapan UKK telah melalui proses yang panjang, seperti Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) serta latihan secara periodik dan berkelanjutan. Para peserta UKK, sambungnya, adalah individu yang akan (siap) dipakai sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).



“Khusus untuk Bidang Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Lobalain sudah teruji di tingkat nasional dan di tahun 2016 diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Prestasi inilah sebagai alasan utama SMK Negeri 1 Lobalain bekerja sama dengan Kementrian PUPR melalui Dirjen Bina Konstruksi sejak tahun 2016. Memang,  amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi mengisyaratkan semua pekerja di bidang konstruksi harus bersertifikasi yang berlaku untuk pekerja dan badan usaha di bidang konstruksi,” ujar Jefrison yang juga merupakan Instruktur Bidang Konstruksi.   



Untuk diketahui, Kegiatan UKK di SMK Negeri 1 Lobalain tersebut akan berlangsung selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (12-14/5/2022) dan diikuti oleh 258 peserta didik. Adapun rincian peserta UKK sesuai bidang keahlian adalah sebagai berikut; Bidang keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan berjumlah 39 orang, Agribisnis Prikanan Air Tawar berjumlah 13 orang, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura berjumlah 39 orang, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian berjumlah 12 orang, Teknik Komputer dan Jaringan berjumlah 74 orang, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif berjumlah 34 orang, serta Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berjumlah 37 orang. Sementara itu, Tim Penguji UKK berjumlah 14 orang yang terdiri dari 2 orang penguji di masing-masing bidang keahlian. (Gusty/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments