Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LOMBA JELANG HARDIKNAS ANTAR SMA DI TTU DILAKSANAKAN DI PERBATASAN NEGARA

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Kegiatan perlombaan antar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 dilaksanakan di SMA Negeri Biboki Anleu selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu (22-23/4). Kegiatan perlombaan tersebut diikuti oleh para peserta didik dari 30 SMA di Kabupaten TTU yang berkompetisi dalam 6 Mata Lomba, yakni Karya Tulis Ilmiah (KTI), Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Baca Puisi, Vocal Grup, dan Vocal Solo.

 

Diwawancarai di sela-sela kegiatan, Ketua Panitia Perlombaan, Yohanes Seran, S. Pd., yang juga merupakan Kepala Sekolah SMA Negeri Fafinesu menyampaikan bahwa pemilihan SMA Negeri Biboki Anleu sebagai tempat kegiatan perlombaan dimaksudkan untuk memperkuat semangat Bhineka Tunggal Ika, rasa Cinta Tanah Air, dan kesadaran Nasionalisme masyarakat di perbatasan negara RI-RDTL, terutama di lingkungan-lingkungan sekolah.

 

“Pemilihan lokasi kegiatan ini disepakati dalam forum MKKS Kabupaten TTU. Selain menjadi ruang ekspresi dan kompetisi bagi para siswa SMA, intensi kita adalah agar kebanggaan sebagai bangsa Indonesia terus bertumbuh di daerah perbatasan negara ini,” ungkap Yohanes.

 

Menurut Yohanes, salah satu hal yang paling diapresiasi selama kegiatan perlombaan ini adalah antusiasme dari para peserta didik dan guru SMA di Kabupaten TTU. Oleh karena itu, Yohanes berharap agar kegiatan perlombaan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang, terutama untuk merangsang semangat belajar peserta didik serta sebagai ajang untuk menggali dan meningkatkan potensi peserta didik SMA di TTU.


Ketua Panitia Perlombaan, Yohanes Seran, S. Pd. 


Untuk diketahui, juara pertama untuk setiap mata lomba ini akan menjadi perwakilan Kabupaten TTU untuk berkompetisi di tingkat provinsi. Sementara itu, juara-juara berikutnya hanya akan diberikan apresiasi sebagai bentuk motivasi untuk terus berjuang lagi pada berbagai even perlombaan yang akan datang.

 

“Proses belajar setiap sekolah bisa dilakukan dengan cara membuat perbandingan dengan sekolah lainnya. Oleh karena itu, kita berharap kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagi setiap sekolah untuk berefleksi dan terus mengembangkan kualitas pendidikan dan potensi siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah,” tutur Yohanes.

 

Kegiatan perlombaan ini dibuka oleh Asisten III Administrasi Umum Setda TTU, Drs. Raymundus Thall, pada hari Jumat (22/4) yang dilanjutkan dengan pelaksanaan setiap mata lomba sesuai dengan panduan yang ada. Sementara itu, perlombaan ini ditutup oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA dan SMK Kabupaten TTU, Dra. Elvira B. Ogom, pada hari Sabtu (23/4).

 

Pantauan media, kegiatan lomba ini dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung. Perlombaan yang dilaksanakan secara langsung adalah lomba Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris. Sementara itu, untuk empat mata lomba yang lain, setiap peserta mengirimkan naskah dan rekaman video yang selanjutnya dinilai oleh para juri sesuai jadwal kegiatan.



Mewakili panitia perlombaan, Yohanes menyampaikan terima kasih kepada para guru dan peserta didik dari sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, Tim Juri Perlombaan, Forum MKKS, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan TTU, dan Pemerintah Daerah Kabupaten TTU. Yohanes juga memberikan apresiasi dan terima kasih yang besar kepada kepala sekolah, para guru, pegawai, dan peserta didik di SMA Negeri Biboki Anleu yang telah bekerja keras untuk menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan perlombaan ini.

 

“Dengan kerja sama yang baik ini, kita berharap agar semangat untuk serentak bergerak mendukung Merdeka Belajar pada tingkat SMA di Kabupaten TTU dapat semakin solid dan berhasil ke depannya,” tutup Yohanes. (Ino/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments