Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUKUNG GLS, SMA NEGERI 1 LARANTUKA GELAR BIMTEK LITERASI

 

Korwas SMA/SMK dan SLB Kabupaten Flotim, Agustinus D. Kumanireng didampingi Kepala SMA Negeri 1 Larantuka, Drs. Yakobus Milan Betan, Wakasek Bidang Humas, Silvester Kia Witin, S.Fil. dan Formator MPC NTT, Mustakim saat pembukaan Bimtek Literasi, Kamis (21/4/2022). 



Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Larantuka menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (21-23/4/2022). Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Larantuka tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Flores Timur (Flotim), Agustinus D. Kumanireng didampingi Kepala SMA Negeri 1 Larantuka, Drs. Yakobus Milan Betan dan Tim Formator Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT.

 

Dalam sambutannya, Agustinus memberikan apresiasi atas terselenggaranya Kegiatan Bimtek Literasi tersebut. Menuturnya, Kegiatan Bimtek Literasi berguna untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan. Hal itu, imbuhnya, juga mampu menunjang peningkatan kapasitas dan profesionalitas guru selaku tenaga pendidik, serta kreativitas peserta didik dalam menghasilkan ragam tulisan kreatif. Untuk itu, Agustinus berharap agar seluruh peserta Kegiatan Bimtek Literasi bisa mengikuti seluruh tahap pendampingan secara serius.    

 

“Sebagai upaya dalam peningkatan kapasitas dan profesionalisme tenaga pendidik dalam seluruh tahapan pembelajaran di kelas dalam mendidik peserta didik. Kegiatan ini patut diapresiasi berkat kerja sama antara satuan pendidikan SMA Negeri 1 Larantuka bersama Media Pendidikan Cakrawala NTT terhadap kegiatan tersebut. Saya berharap kepada semua peserta kegiatan, baik di kelas peserta didik maupun tenaga pendidik untuk serius dalam mengikuti semua kegiatan bimtek literasi tersebut,” ujar Agustinus.



Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Silvester Kia Witin, S.Fil mengungkapkan bahwa Kegiatan Bimtek Literasi tersebut bisa membantu para guru dalam menulis dan menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI), sebab materi yang diberikan oleh Tim Formator Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT sangat relevan dengan kebutuhan tenaga pendidik, seperti Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Artikel Ilmiah Populer.

 

“Kegiatan tersebut sangat membantu tenaga pendidik dalam kaitan penulisan karya ilmiah. Materi yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan di kalangan tenaga pendidik untuk PTS, Artikel Ilmiah Populer, essay, makalah, dan apalagi tenaga pendidik bergerak dalam proses Guru Penggerak,” ungkapnya.



Di sisi senada, salah seorang peserta Kegiatan Bimtek Literasi, Maria Sesilia Ungan, S.Pd menuturkan, “Kegiatan ini sangat bagus untuk peningkatan kapasitas tenaga pendidik  dalam tugas pokok untuk mengajar di kelas. Selain itu, bimbingan teknis tersebut  sangat membantu dalam minat baca dan menulis di SMA Negeri 1 Larantuka.”

 

Untuk diketahui, Kegiatan Bimtek Literasi tersebut berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang berlaku, serta dihadiri oleh 50 orang peserta didik dan 50 orang tenaga pendidik (guru). (Bastian Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments