Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KORWAS SMA/SMK DAN SLB SIKKA TUTUP KEGIATAN BIMTEK LITERASI

 

Suasana penutupan Kegiatan Bimtek Literasi di Aula SMAS St. Petrus Kewapante, Rabu (16/3/2022).


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Sikka, Drs. Mikael Maran, M.Pd menutup Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi yang melibatkan 7 sekolah di Kabupaten Sikka, Rabu (16/3/2022). Prosesi penutupan tersebut berlangsung secara tatap muka di Aula SMAS St. Petrus Kewapante.

 

Dalam sambutannya, Mikael mengatakan bahwa semua karya yang telah dihasilkan dalam 3 kegiatan, yakni Senin-Rabu (14-16/3/2022) memiliki kualitas dan keapikan tersendiri. Para guru dan peserta didik, imbuhnya, mampu melahirkan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan ragam tulisan kreatif yang baik serta layak untuk dipublikasikan. 

 

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Waigete, Wenslaus Mando, S.Pd.,M.Pd menuturkan bahwa kegiatan literasi tersebut sangat sinkron dengan kurikulum saat ini. Literasi, ujarnya, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini, terkhususnya di dunia pendidikan. Selain itu, sambung Wenslaus, Kegiatan Bimtek Literasi tersebut juga berguna bagi para guru, terutama dalam menunjang proses kenaikan pangkat melalui penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Di sisi senada, dua peserta didik, Kristina Lorensia Delviana Bhena dari SMA Negeri Kangae dan Yulian Oliver Putri Adeptus dari SMA Negeri 1 Talibura turut memberikan apresiasi bagi penyelenggaraan Kegiatan Bimtek Literasi. Menurut keduanya, kegiatan tersebut mampu menambah wawasan, pengetahuan, dan ide-ide kreatif bagi para peserta didik. Hal itu, imbuh keduanya, mampu mendorong semangat para peserta didik untuk membaca dan menulis ragam tulisan kreatif.

 

“Kegiatan tersebut mampu membimbing kami untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan kami, baik dalam hal berbicara, membaca, menulis, dan mempresentasikan hasil tulisan kami. Di dalam kegiatan ini juga kami saling mengenal dan membangun relasi yang baru. Untuk itu, literasi sangat bermanfaat bagi kami semua, sehingga perlu dilanjutkan lagi di sekolah masing-masing,” ungkap Yulian.


Menggelar Pentas Seni

 

Kegiatan Bimtek Literasi tersebut juga diselingi dengan Pentas Seni (Pensi) yang digelar oleh perwakilan peserta didik dari 7 sekolah, yakni SMA Negeri Waiblama, SMA Negeri 1 Talibura, SMA Negeri Bola, SMA Negeri Waigete, SMAS St. Maria Rubit, SMA Negeri Kangae, dan SMAS St. Petrus Kewapante. Para peserta didik mementaskan seni sastra dan fragmen singkat, seperti puisi, Cerita Pendek (Cerpen), berita, diary, autobiografi, dan dongeng di hadapan para peserta Kegiatan Bimtek Literasi, Korwas, dan para kepala sekolah yang hadir pada kesempatan tersebut.    

Untuk diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh, Kepala SMA Negeri Waiblama, Romanus Nogor, S.Pd; Kepala SMA Negeri 1 Talibura, Kanisius Kruut, S.Pd; Kepala SMA Negeri Kangae, Laurensius Blupur; Kepala SMAS St. Petrus Kewapante, Sisilia da Soge, S.Pd.,M.Pd; Kepala SMA Negeri 1 Bola, Andreas Korsini, S.Pd; serta Kepala SMASK St. Maria Rubit, Laurensius Lawe, S.Pd. Selain itu, turut hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran Tim Formator MPC NTT, Mustakim, Frein Raden, dan Bastian Kopong. (Bastian Kopong/MDj/red)   


Post a Comment

0 Comments