Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TUTUP KEGIATAN PERSADA, PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 ADONARA TIMUR TUNAIKAN SHOLAT DUHA

Foto dokumentasi kegiatan.

 


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Adonara Timur menutup rangkaian acara pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan Pesantren Sabtu-Ahad (PERSADA) dengan melaksanakan Sholat Duha Berjamaah (Ahad, 13/2/2022). Kegiatan tersebut merupakan program rutin yang digelar dua pekan sekali setiap bulannya serta diikuti oleh sekitar 65 orang peserta didik. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pembina Ekskul PAI, Ustadz Kamsudin Ridwan, Ustadz Muh. Fil Lamarobak, Ustadz Ahmad Bunga, S.Pd, Ustadz Irwan BL, dan Ustadz Sadikin Wongso.  

 

Dalam arahan awalnya, Kamsudin Ridwan menyampaikan bahwa kegiatan ekskul PAI atau PERSADA merupakan kegiatan keagamaan wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik SMP Negeri 1 Adonara Timur yang beragama Islam. Di dalam kegiatan tersebut, imbuhnya, terdapat misi utama sekolah yang mendorong semua peserta didik untuk mengembangkan diri menuju masa depan.

 

“Misi tersebut bukan hanya sekedar dibaca dan didengung-dengungkan saja, tetapi yang terpenting dari itu adalah bagaimana misi tersebut kemudian diterjemahkan dalam bentuk aksi nyata melalui program-program sekolah yang dijalankan untuk mewujudkan misi sekolah tersebut,” tutur guru Pendidikan Agama Islam tersebut.

 

Pada kesempatan yang sama, pengasuh kegiatan lainnya, Ustadz Muh. Fil Lamarobak juga menegaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler PAI sangat penting dalam proses pengembangan diri, sehingga wajib diikuti oleh seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Adonara Timur yang beragama Islam. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, sambungnya, para peserta didik bisa memperoleh manfaat yang berlimpah bagi dirinya sendiri. 

 

“Dengan hadirnya kalian dalam mengikuti kegiatan PERSADA ini, setidaknya wawasan keagamaan kalian perlahan terus bertambah dari waktu ke waktu. Dengan demikian, kualitas keimanan kalian pun akan terus meningkat,” harapnya dengan penuh optimis.

 

Untuk diketahui, di dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut, para peserta didik mengikuti berbagai rangkaian acara dan jenis kegiatan, seperti praktik wudhu, sholat fardhu berjamaah, kuliah tujuh menit (kultum), praktik tata cara pelaksanakan solat fardhu, pengenalan ilmu tajwid dan dasar-dasar bahasa Arab, materi tentang tata cara taharah (bersuci dari hadas dan najis), diskusi dan tanya jawab tentang keagamaan, solat tahajjud, renungan malam, kuliah subuh, tadarusan bersama, dan ditutup dengan solat Duha berjamaah di pagi hari sebelum para santri kembali ke rumahnya masing-masing. (Kamsudin Ridwan/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments