Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SDK WAIGETE 051 GELAR VAKSINASI COVID-19 BAGI PESERTA DIDIK

 

Suasana vaksinasi Covid-19 di SDK Waigete 051, Kamis (10/2/2022). Kegiatan vaksinasi tersebut didukung oleh pihak UPTD Puskesmas Waigete, BIN, dan orang tua peserta didik.

 


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Dasar Katolik (SDK) Waigete 051 menggelar vaksinasi Covid-19 bagi para peserta didik, Kamis (10/2/2022). Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) tersebut didukung oleh UPTD Puskesmas Waigete, Badan Intelijen Negera (BIN) dan orang tua atau wali peserta didik. Vaksinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan imunitas peserta didik sekaligus mendukung percepatan vaksinasi nasional di tengah penyebaran Covid-19.

 

Kepala SDK Waigete 051, Afliana Ermisayati Perang, S.Pd.SD menuturkan bahwa pihaknya selalu melakukan koordinasi dan komunikasi bersama pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan vaksinasi pertama bagi peserta didik. Dalam vaksinasi tersebut, terangnya, terdapat 187 peserta didik yang berpartisipasi. Beberapa peserta didik, imbuhnya, belum bisa bergabung karena sedang mengalami sakit. Untuk itu, sambungnya, pihak sekolah akan kembali melakukan koordinasi untuk mengakomodir vaksinasi bagi peserta didik yang berhalangan.

 

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Waigete, Yohanes Eudes mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut wajib diikuti oleh semua orang, termasuk peserta didik untuk menjaga imunitas tubuh.

 

“Kegiatan vaksinasi ke sekolah-sekolah baru pertama kali kami lakukan di SDK Waigete 051. Dan secara kabupaten, SDK Waigete 051 menjadi sasaran pertama dalam vaksinasi kepada peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah selain untuk mendekatkan pelayanan tetapi juga lebih daripada itu diwajibkan bagi peserta didik dari usia enam sampai usia sebelas tahun wajib mengikuti vaksinasi masal,” kata Yohanes.

 

Yohanes menjelaskan proses vaksinasi di tingkat UPTD Puskesmas Waigete telah mencapai presentase 67% sampai saat ini. Hal itu, ujarnya, bisa berjalan dengan baik atas dukungan dari semua Tenaga Kesehatan (Nakes) dan BIN dalam melakukan pelayanan vaksinasi mobile secara langsung. Pelayanan tersebut, sambungnya, dilakukan dari desa ke desa serta dari sekolah ke sekolah.


Dokter Umum pada UPTD Puskesmas Waigete, dr. Elen saat melakukan skrining bagi para peserta didik sebelum divaksin.


Lebih lanjut, Dokter Umum pada UPTD Puskesmas Waigete, dr. Elen menuturkan bahwa kegiatan vaksinasi di semua sekolah melibatkan kelompok peserta didik usia 6-11 tahun. Selain itu, tambahnya, kolaborasi dan kerja sama antara pihak sekolah dan puskesmas harus terus dipertahankan sebagai sesuatu yang positif.

 

“Untuk vaksinasi ke sekolah, SDK Waigete adalah sekolah pertama di wilayah Puskesmas Waigete untuk menyelenggarakan vaksinasi peserta didik usia enam sampai sebelas tahun. Peserta didik mendapat vaksin sinovac. Tetapi hari ini juga kita layani vaksinasi untuk orang tua dengan mendapatkan vaksinasi moderna,” ungkapnya

 

Di pihak lain, salah satu orang tua peserta didik yang turut hadir, Yoseph Wilfridus mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi ini sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh anak-anak. Kerjasama antara pihak sekolah dan UPTD Puskesmas Waigete dalam menyelenggarakan vaksinasi, pungkasnya, harus diapresiasi dan dipertahankan. (Sebastianus kopong /MDj/res)


Post a Comment

0 Comments