Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RD. REMIGIUS MISA : TEKNOLOGI PENTING DALAM PROSES PENDIDIKAN

 

Kepala SMK Swasta Sto. Vincentius Ndona, RD. Remigius Misa, S.Fil.,Lic.Th (kanan) bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT (kiri). 



Ende, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Sto. Vincentius Ndona, RD. Remigius Misa, S.Fil.,Lic.Th mengungkapkan bahwa peran teknologi sangat penting dalam proses pendidikan. Menurutnya, proses pembelajaran di waktu mendatang akan mengedepankan teknologi, terutama berbasis digital. Hal itu disampaikannya ketika diwawancarai oleh media ini di ruang kerjanya, Senin (31/1/2022).

 

“Memang tidak bisa dielakan lagi kalau teknologi akan selalu ada di dalam dunia pendidikan dan pastinya tidak bisa dihindari. Perubahan pendidikan ke depan akan berbasis digital, sehingga harus dipersiapkan secara baik dan saling berkolaborasi,” ujar RD. Remigius.

 

RD. Remigius menuturkan pengalaman akan pentingnya teknologi di dalam proses pendidikan sangat nampak pada masa pandemi Covid-19. Di masa pandemi, ujarnya, pihak SMK Swasta Sto. Vincentius Ndona mengikuti regulasi dan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) serta pemerintah setempat dalam menerapkan sistem pembelajaran kepada peserta didik. Oleh sebab itu, sambungnya, pihak sekolah memberlakukan sistem pembelajaran daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

 

Dalam penerapannya, terang RD. Remigius, terdapat berbagai kendala teknis yang sering terjadi, seperti minimnya ketersediaan fasilitas berupa laptop dan android. Hal itu, imbuhnya, sangat berdampak pada tingkat efektivitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. 

 

“Sesuai pantauan saya, tidak efektifnya proses pembelajaran tersebut juga terlihat dari tanggapan dan kehadiran peserta didik dalam percakapan Grup WhatsApp maupun dalam proses pembelajaran daring itu sendiri. Menurut saya, semua itu masih di bawah standar karena keterbatasan fasilitas,” tukasnya.

 

Lebih lanjut, jelas RD. Remigius, pihaknya selalu memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh warga sekolah agar tetap aktif dalam setiap proses pembelajaran. Selain itu, tuturnya, komunikasi dan kolaborasi bersama orang tua atau wali peserta didik selalu diprioritaskan, terutama dalam mendukung proses pengawasan terhadap para peserta didik.



 

Dengan demikian, RD. Remigius kembali mengingatkan bahwa keberadaan teknologi sangat penting dalam proses pendidikan di tengah perkembangan era digital. Untuk itu, dirinya sangat mengharapkan dukungan pemerintah beserta pihak terkait dalam menunjang sarana dan prasarana. Selain itu, pungkasnya, kerja sama antara pihak sekolah bersama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) juga harus terus dibangun. 

 

Untuk diketahui, SMK Swasta Sto. Vincentius Ndona merupakan salah satu sekolah vokasi yang berfokus pada bidang teknologi dan telah berdiri sejak tahun 2015. Lembaga pendidikan tersebut berada di bawah naungan Keuskupan Agung Ende dan diselenggarakan oleh Yayasan Persekolahan Umat Katolik Ende Lio (Yasukel). (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments