Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SEMERBAK PERSIAPAN NATAL DI KAPELA ST.WILHELMUS LUSIKAWAK

 




Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Pada Jumat sore (24/12/2021), semerbak perayaan Natal semakin terasa. Hiruk pikuk umat Kristiani semakin terlihat sejak pagi hari, terutama di Kapela St. Wilhelmus Lusikawak, Kabupaten Lembata. Kapela tersebut merupakan bagian dari Paroki St. Arnoldus Janssen Waikomo. Situasi sore itu memang berbeda. Semua bergerak untuk mendandani palungan hati Natal demi menanti kelahiran Sang Juru Selamat.

 

Gregorius Sinun, S.Ag, seorang guru katekis mengungkapkan bahwa mendandani palungan sebagai iman hati tempat bernaungnya Sang Bayi Yesus harus disiapkan dengan penuh sukacita serta semangat kegembiraan.

 

“Menyiapkan palungan hati haruslah dengan hati yang penuh sukacita dan penuh dengan semangat kegembiraan,” ujarnya.

 

Ia juga mengatakan bahwa pada tahun ini, para Dewan Stasi menjadi bagian dari panitia Natal dan Tahun Baru. Selain itu, terangnya, keterlibatan anggota Orang Muda Katolik (OMK) St. Wilhelmis Lusikawak juga mendominasi jajaran kepanitiaan.

 

Untuk menunjang proses dekorasi, pihak panitia menggunakan bahan lokal alami yang sederhana.Yang menarik adalah pohon Natal yang terletak di dalam altar Gereja terbuat dari lilitan benang putih dan tertata dari kayu sederhana. Selain itu, kandang Natal pun ditata sedemikian rupa dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan, seperti penggunaan daun kelapa tua pada atapnya dan bahan pembungkus semen bekas pada bangunan fisiknya.

 

Lebih lanjut, Gregeorius mengajak seluruh umat Stasi St. Wilhelmus Lusikawak untuk memaknai Palungan Yesus sebagai kisah Rahim Ibu.

 

“Mari kita menyiapkan Palungan Yesus menjadi Roh kekuatan dalam Hati Iman Kristiani. Salam Damai Natal Palungan Emanuel menggerakan Keluarga Rahim Allah,” pungkasnya.

 

Teks dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments