Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KPAI DESAK PEMERINTAH LEKAS VAKSINASI COVID-19 BAGI ANAK USIA 6-11 TAHUN

 



Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah segera melakukan proses vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun. KPAI menilai pemberian vaksinasi tersebut diperlukan untuk melindungi kesehatan anak dari ancaman pandemi.

 

Ketua KPAI, Susanto menjelaskan proporsi anak terkena Covid-19 cukup tinggi hingga mencapai presentase 13 persen berdasarkan data Satgas Covid-19 per 1 November 2021. Menurutnya, potensi penularan terbilang tinggi mengingat pemerintah mengizinkan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk anak-anak pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

 

“Sasaran vaksinasi Covid-19 untuk Anak usia 6-11 tahun menjadi sangat penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan. Anak pun dapat sebagai orang tanpa gejala (OTG) dan dapat menularkan pada orang dewasa bahkan lansia komorbid,” kata Susanto dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

 

Susanto juga mengingatkan soal prinsip kehati-hatian dalam memberikan vaksinasi bagi anak. Pemerintah, imbuhnya, harus memastikan bahwa vaksin yang digunakan aman untuk usia anak-anak.

 

Sementara itu, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) juga diminta memberikan perhatian serius pada program vaksinasi anak 6-11 tahun. Berdasarkan data KPAI, kebutuhan vaksin Covid-19 untuk anak 6-11 tahun sebanyak 58.7 juta dosis untuk 25.4 juta anak Indonesia.

 

“Pemerintah harus menggandeng dan bekerjasama dengan semua pihak, organisasi masyarakat, orang tua, dan satuan pendidikan agar capaian vaksinasi rata untuk Indonesia optimal untuk seluruh anak usia 6-11 tahun dan menuntaskan vaksin untuk anak usia 12-17 tahun,” ujar Susanto.

 

Untuk diketahui, sampai saat ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan masih menyusun teknis pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah berencana menggelar vaksinasi anak usia 6-11 tahun di sekolah masing-masing pada 2022.

 

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments