Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KEPALA PERPUSNAS RESMIKAN GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH LEMBATA

 




Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Lembata, Rabu (22 Desember 2021). Acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Bupati Lembata, Thomas Ola, Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero, unsur Forkompimda Kabupaten Lembata dan undangan lainnya. 

 

Dalam sambutannya, Muhammad sangat mengapresiasi momen peresmian Gedung Perpusatakaan Daerah Kabupaten Lembata tersebut. Menurutnya, gedung tersebut adalah yang terbaik dari semua gedung perpustakaan daerah yang pernah diresmikannya. Maka dari itu, dengan kualitas gedung yang baik, ujarnya, pemerintah harus bisa mendorong anak-anak sekolah di Kabupaten Lembata untuk selalu berkunjung dan membaca buku di perpustakaan tersebut.

 

“Dengan fasilitas ini saya minta bapak Bupati Kabupaten Lembata bisa instruksikan semua kepala sekolah untuk mengutus anak-anak berkunjung ke perpustakaan ini,” pintanya.

 

Selain itu, terangnya, bahan bacaan yang terdapat di dalam perpustakaan harus bisa dinikmati oleh masyarakat yang berada di desa-desa. Semua masyarakat Lembata, imbuhnya, tidak boleh hanya giat membaca, melainkan juga bisa menulis, baik dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa lokal atau daerah. Dengan demikian, sambungnya, penguatan literasi dasar, yakni membaca dan menulis bisa berjalan secara seimbang.

 

Ia juga menambahkan bahwa keberadaan perpustakaan bisa meningkatkan kualitas, keterampilan dan kemampuan masyarakat secara individual. Manusia yang unggul, terangnya, adalah manusia yang mampu memberikan jawaban dan penyelesaian. Hal itu, tegasnya, bisa dilakukan apabila masyarakat memiliki pengetahuan dan kemampuan berliterasi yang baik.



 Belajar Mencintai Buku

 

Sementara itu, Bupati Lembata, Thomas Ola mengatakan bahwa masyarakat harus belajar mencintai dan memiliki terhadap buku-buku bacaan, terutama yang berada di dalam perpustakaan tersebut. Masyarakat, imbuhnya, harus dipacu agar bisa lebih termotivasi untuk membaca, terkhususnya anak-anak di jenjang sekolah dasar dan menengah. Anak-anak tersebut, sambungnya, harus dilatih dan dibimbing dalam hal membaca serta menulis. Hal itu, ungkapnya, bisa berpengaruh secara psikologis terhadap pola kebahasaan dan tingkat literasi. 

 

Menurutnya, gedung perpustakaan tersebut tidak boleh hanya diisi dengan buku, tetapi juga oleh  orang-orang yang membutuhkan bahan bacaan. Oleh sebab itu, tandasnya, semua pihak harus mampu memanfaatkan keberadaan gedung perpustakaan tersebut secara baik.

 

“Semoga gedung ini tidak saja di isi dengan buku, tetapi harus menghadirkan orang di dalamnya. Jangan biarkan ruangan yang megah ini sepi. Kita harus memanfaatkannya dengan baik,” harap Thomas.

 

Di sisi senada, Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero juga mengharapkan agar perpustakaan tersebut bisa digunakan dengan sebaik-baiknya.

 

“Tentu ini sebuah hadiah dari bapak Kepala Perpustakaan Nasional untuk Kabupaten Lembata. Ini untuk kepentingan anak-anak ke depan. Ini sebuah hadiah besar menyongsong perayaan Natal,” pungkasnya.

 

Berita dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments