Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

WIKU ADISASMITO : VAKSINASI COVID-19 PADA ANAK AKAN DIMULAI DARI DAERAH YANG SUDAH MENCAPAI TARGET

 



Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut program vaksinasi Covid-19 yang menyasar anak usia 6-11 tahun di Indonesia akan dimulai dari daerah yang sudah mencapai target dari pemerintah. Target tersebut, terangnya, tergantung pada capaian vaksinasi dosis pertama nasional yang telah melebihi 70 persen dari target serta telah melampaui 60 persen sasaran vaksinasi lanjut usia (lansia). Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube BNPB Indonesia, Rabu (02/11/2021).    

 

“Vaksinasi ini dimulai dari kabupaten/kota yang telah memenuhi target tersebut. Nantinya target vaksinasi pada anak akan menyentuh sekitar 26,4 juta orang dengan kebutuhan dua dosis per orang,” ujarnya.

 

Ia menuturkan dengan adanya penambahan target sasaran vaksinasi anak, pemerintah akan kembali menambahkan total target dari terkini yang berjumlah 208.265.720 orang. Target tersebut, imbuhnya, meliputi sasaran 1.468.764 tenaga kesehatan di seluruh Indonesia, 21.553.118 warga lansia dan 17.327.167 petugas pelayanan publik. Kemudian, sambungnya, dilanjutkan 26.705.490 remaja berusia 12-17 tahun serta 141.211.181 masyarakat umum di nusantara.

 

Vaksinasi Anak Bersifat Wajib

 

Lebih lanjut, tegas Wiku, program vaksinasi Covid-19 pada anak bersifat wajib. Hal tersebut, tuturnya, dilakukan mengingat sektor pendidikan sudah mulai membuka program Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, sehingga kondisi anak-anak harus diperhatikan secara lebih serius guna mencegah penularan Covid-19.

 

“Vaksinasi pada target anak menjadi wajib dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya, mengingat kegiatan sosial masyarakat termasuk di sektor pendidikan kembali berjalan normal,” tuturnya.

 

Sebagai informasi, BPOM resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin virus Covid-19 produksi perusahaan asal China, Sinovac, pada sasaran anak usia 6-11 tahun, Senin (01/11/2021).

 

Selain Sinovac, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sebelumnya juga telah mengincar dua merek vaksin Covid-19 yang melakukan uji klinik terhadap anak dan akan digunakan di Indonesia, yakni, vaksin produksi Sinopharm dan Pfizer.

 

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments