Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SLB ASUHAN KASIH KUPANG TERUS ASAH POTENSI PESERTA DIDIK


 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Luar Biasa (SLB) Asuhan Kasih Kupang terus mengasah potensi para peserta didiknya sesuai bidang keahlian masing-masing. Hal itu diutarakan oleh Kepala SLB Asuhan Kasih Kupang, Amini, S.Pd.I ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (04/11/2021). Menurutnya, dengan mengasah potensi para peserta didik, SLB tersebut kini bisa menjadi salah satu sekolah peraih prestasi terbanyak, baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Ia menambahkan prestasi yang diraih tersebut lebih didominasi oleh bidang olahraga, meskipun juga didukung oleh bidang keterampilan lainnya. Hal tersebut, imbuhnya, merupakan bagian dari kerja dan latihan keras yang dilakukan oleh para peserta didik. Bahkan, ungkapnya, SLB Asuhan Kasih Kupang berhasil mendorong lima atletnya untuk berpartisipasi pada ajang olahhraga bagi penyandang disabilitas, Preparnas 2021 di Papua.

 

Selain itu, tambahnya, empat peserta didik lainnya juga berhasil bergabung bersama Tim Futsal Indonesia untuk bertanding di Los Angeles, Amerika Serikat. Dengan pencapaian tersebut, lanjutnya, segenar warga SLB Asuhan Kasih Kupang merasa bangga dan turut memberikan apresiasi.   

 

“Enam tahun yang lalu, ada empat peserta didik dari kami yang mengikuti turnamen futsal di Los Angeles (Amerika Serikat). Keempat peserta didik tersebut berhasil menjadi juara satu setelah bergabung dengan Tim Futsal Nasional Indonesia untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Dan menurut pelatihnya, keempat peserta didik SLB Asuhan Kasih Kupang tersebut menjadi ujung tombak kemenangan bagi Tim Indonesia. Prestasi yang diraih para pesrta didik tersebut turut membanggakan kami guru-guru,” ungkap Amini.

 

Deretan piala dan penghargaan atas prestasi SLB Asuhan Kasih Kupang

Menghasilkan Berbagai Macam Inovasi

 

Selain bidang olahraga, Amini juga menerangkan bahwa SLB Asuhan Kasih Kupang kerap menyumbang berbagai inovasi dari bidang keterampilan, seperti usaha batako maupun jajanan makanan. Hal tersebut, imbuhnya, juga didukung oleh kerja sama dengan pihak Angkatan Laut yang selalu memesan hasil keterampilan peserta didik, seperti taplak meja, seprei, otomotif, dan sebagainya. Peningkatan keterampilan peserta didik tersebut, sambungnya, bisa melatih mereka untuk bekerja secara mandiri dalam menghasilkan sesuatu.

 

Lebih lanjut, terang Amini, tenaga pendidik yang tersedia merupakan guru-guru kompeten, misalnya guru pengampu Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Tata Boga dan Tata Rias.   

 

“Dalam bidang keterampilan, kami bekerja sama dengan pihak Angkatan Laut dalam menghasilkan berbagai macam inovasi. Biasanya pihak Angkatan Laut memesan taplak meja, seprei, otomotif dan berbagai inovasi lain yang kami hasilkan. Dan hasil dari penjualan barang terus dibagi dua dengan siswa. Hal ini bertujuan agar melatih anak mandiri dalam menghasilkan sesuatu,” tuturnya.

 

Kepala SLB Asuhan Kasih Kupang, Amini, S.Pd.I bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT 

Sementara itu, ujar Amini, semua prestasi dan keterampilan yang dihasilkan tersebut turut membawa SLB Asuhan Kasih Kupang menjadi salah satu sekolah penggerak. Menurutnya, hanya terdapat 3 SLB di Provinsi NTT yang berhasil menyandang predikat sebagai sekolah penggerak dan SLB Asuhan Kasih Kupang merupakan salah satunya.

 

Berita dan Foto : Patrix Ginta

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments