Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kadis Pendidikan Kabupaten Kupang Tekankan Beberapa Hal dalam Kegiatan Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah

Kadis Pendidikan Kabupaten Kupang (tengah) saat menyampaikan pesan kepada para kepala sekolah.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Dr. Eliazer Teuf, S.Pd., M.Pd., menegaskan beberapa hal penting dalam seremoni serah terima jabatan kepala sekolah jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Kupang, Senin (5/2/2024), di aula SMP Negeri 1 Kupang Tengah.

 

Eliazer mengatakan, para kepala sekolah yang baru mengemban jabatan sebagai pimpinan satuan pendidikan harus mampu menjalani tugas dengan penuh tanggung jawab. Menurutnya, para kepala sekolah wajib memiliki kemampuan untuk menerima pekerjaan, apalagi dalam proses meningkatkan rapor mutu pendidikan.

 

“Harus ada kemampuan untuk memikul tanggung jawab, menerima pekerjaan, dan wajib mengemban tugas sebagai pimpinan dengan baik, apalagi kita sedang berada dalam proses peningkatan rapor mutu pendidikan,” ungkapnya.



Ia menegaskan bahwa salah satu target yang akan dicapai adalah meningkatkan hasil pecapaian Asesmen Nasional (AN). Hal itu, tukasnya, harus dilakukan dengan kesepahaman dan kerja kolaboratif di antara pihak-pihak terkait.

 

“Kita harus satu gerbong. Pada Oktober tahun 2024 ini, kita akan mengikuti Asesmen Nasional (AN). Kemudian, di bulan November, kita akan menerima hasilnya. Saya meminta kita semua untuk mulai bergerak, mempersiapkan, dan melatih para peserta didik, serta mendorong anak-anak untuk terbiasa membaca dan memahami isi bacaan,” terang Eliazer.

 

Eliazer menuturkan, para kepala sekolah harus membuat perubahan dengan berbagai terobosan inovatif, sehingga bisa berdampak atau bermanfaat bagi banyak orang.


Pose bersama.

Membangun Kolaborasi

 

Lebih lanjut, Eliazer mengajak para kepala sekolah untuk membangun kerja sama dan kolaborasi guna meningkatkan mutu pendidikan.

 

Ia mengungkapkan, dalam mewujudkan visi pendidikan, terdapat beberapa pihak yang harus terlibat aktif, yakni public governance, coorporate governance, dan civil society. Ketiganya, terang Eliazer, merupakan satu kesatuan ibarat tungku api yang menopang dunia pendidikan.



“Pihak-pihak itu adalah tiga pilar yang terlibat aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan. untuk itu, kita harus membangun kerja sama dan kolaborasi,” pungkasnya. (MDj/red)

Post a Comment

0 Comments