Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MERIAHKAN MILAD MUHAMMADIYAH KE-109, MAS MUHAMMADIYAH RIUNG GELAR PERLOMBAAN

 




Ngada, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-109, Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muhammdiyah Riung menggelar kegiatan perlombaan akademis dan non-akademis. Kegiatan perlombaan tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (15-17/11/2021). Penyelenggaraan kegiatan tersebut digabungkan bersama peringatan Bulan Bahasa yang sedianya berlangsung pada Bulan Oktober 2021 lalu. Hal itu disampaikan oleh Kepala MAS Muhammadiyah Riung, Rismawan Landa, S.Ag ketika ditemui pada Rabu (17/11/2021).  

 

Ia menerangkan kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari proses relaksasi bagi para peserta didik dan guru yang belum pernah bertatap muka dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) selama hampir 2 tahun belakangan. Dengan kata lain, imbuhnya, penyelenggaraan kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun keakraban di antara semua warga MAS Muhammadiyah Riung agar nyaman berada di lingkungan sekolah.

 

“Kegiatan ini juga sebagai ajang keakraban antara guru dan peserta didik karena hampir dua tahun mereka tidak saling bertemu dan bersua. Selain itu juga agar para peserta didik dan guru mulai betah di sekolah,” lanjutnya.

 

Sementara itu, terkait pelaksanaan kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana, Hasan Bakri, S.Ag mengungkapkan bahwa pihak sekolah mengakomodasikan tiga hari penyelenggaraan dengan pembagian sesi di setiap harinya. Hal tersebut, imbuhnya, mendorong para wali kelas untuk menyiapkan semua peserta didik walinya untuk tampil secara baik dan maksimal.

 

“Kegiatan berlangsung selama tiga hari dimana setiap harinya kegiatan dilaksanakan secara berbeda agar para wali kelas menyiapkan peserta didiknya dengan baik dan maksimal,” tegasnya.



Rangkaian Acara Kegiatan

 

Pada hari pertama, kegiatan tersebut dibuka dengan Upacara Bendera oleh Kepala MAS Muhammadiyah Riung dan ketua komite serta dihadiri oleh para wakil kepala sekolah (wakasek), guru, dan peserta didik. Acara kemudian diawali dengan perlombaan membaca Al-Quran dan Kaligrafi. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan perlombaan vocal group dan solo. Para perserta diminta untuk menyanyikan lagu pilihan dan wajib. Pada sore harinya, dilakukan kegiatan babak penyisihan bola voli putra dan putri dengan menerapkan sistem gugur.



Pada hari kedua, kegiatan berlanjut dengan dilaksanakannya perlombaan pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta Bahasa Arab. Setelah itu, para peserta didik kemudian beradu ketangkasan argumentasi dalam perlombaan debat. Para peserta telah dipersiapkan secara baik melalui kajian pembelajaran secara data dan teoritis. Pada sore hari, kegiatan penyisihan bola voli kembali dilanjutkan sesuai ketentuan panitia.  

 

Pada hari ketiga, para peserta turut berpartisipasi di dalam perlombaan Tarian Daerah Riung. Selepas itu, para peserta mengikuti kegiatan perlombaan Hifzil Quran ( Menghafal Al-Quran).



Beradaptasi Kembali

 

Lebih lanjut, salah seorang wali kelas X IPA, Muhammad Mahali, S.Pd menuturkan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang berbeda karena harus mampu beradaptasi kembali dengan suasana di lingkungan sekolah bersama para peserta didik. Maka dari itu, sambungnya, kegiatan tersebut mampu menciptakan kembali keakraban di antara semua warga sekolah.

 

“Ini seperti sebuah tantangan baru buat saya, bagaimna saya harus beradaptasi dengan para peserta didik, mencoba mengakrabkan diri dengan mereka, apalagi setelah pandemi ini. Namun semangat anak - anak wali saya sangat luar biasa. Itu menjadi senjata untuk saya bersama mereka dalam memulai sekolah,” ungkapnya.

 

Di sisi senada, salah satu peserta lomba pidato berbahasa Arab, Tanti Yusuf turut mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa kembali berkumpul bersama peserta didik lainnya. Kegiatan selama tiga hari tersebut, ujarnya, merupakan hal yang luar biasa karena mampu mengumpulkan kembali semua peserta didik dalam suasana keakraban, apalagi dalam ajang perlombaan.



“Ini pengalaman pertama saya. Saya merasa sangat senang karena kami sudah mulai masuk sekolah lagi dan saya bisa bertemu bersama teman - teman. Kegiatan tiga hari ini sesuatu yang luar biasa bagaimana kami diajak kembali ke sekolah dengan cara yang unik ini. Kami sangat- sangat senang. Dan pastinya bangga ketika berhasil menjuarai lomba ini, “ pungkasnya.

 

Pada akhir kegiatan, pihak sekolah menutup seluruh rangkaian perlombaan dengan mengumumkan para pemenang di setiap cabang lomba. Para pemenang dan finalis memperoleh apresiasi berupa piagam dan hadiah lainnya.

 

Teks dan Foto : Takim

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments