Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMKN 1 WEWEWA BARAT GELAR WORKSHOP PENULISAN KTI




 


Sumba Barat Daya, CAKRAWALANTT.COM - Guna membangun budaya literasi di lingkungan pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Wewewa Barat menggelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi guru dan ragam penulisan kreatif bagi peserta didik. Kegiatan literasi tersebut merupakan hasil kolaborasi bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Workshop yang berlangsung secara tatap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Yulius Djawamara, S.Pd, Senin (18/10/2021).

 

Dalam sambutannya, Yulius sangat mengapresiasi semangat para warga SMKN 1 Wewewa Barat yang berhasil menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan KTI tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian penting dalam proses pembangunan dan penguatan budaya literasi di lingkungan pendidikan, terutama sekolah. Selain itu, tuturnya, workshop tersebut juga berguna dalam menunjang peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru, serta mengembangkan keterampilan menulis peserta didik. Maka dari itu, sambungnya, para peserta workshop harus mampu mengikuti kegiatan tersebut secara serius di setiap tahap pendampingan.

 

Lebih lanjut, terangnya, pihak MPC NTT akan terus memantau dan mendukung proses pendampingan menulis hingga penerbitan buku, baik karya guru maupun peserta didik. Semua tulisan yang telah dihasilkan, tegasnya, akan direvisi dan disunting lagi untuk kepentingan edukasi dan publikasi, sehingga hasil akhir yang diterima adalah bagian dari referensi belajar.  

 

“Jika bapak dan ibu sudah mulai bisa menulis,bapak dan ibu guru bisa menulis sedikit demi sedikit. Jika tulisannya sudah bagus, tulisan tersebut bisa dimuat di media cetak Majalah Cakrawala NTT sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat,” ungkapnya

 


Meningkatkan Kualitas Guru dan Peserta Didik

 

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Wewewa Barat, Ellu Paila Illu Kalli, S.Pd menuturkan bahwa penyelenggaraan kegiatan workshop tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan peserta didik. Para guru, terangnya, akan dituntun untuk berfokus pada penulisan hasil penelitian ilmiah, sedangkan para peserta didik, sambungnya, akan didampingi untuk menulis ragam penulisan kreatif, seperti puisi dan cerpen. Maka dari itu, tegasnya, semua peserta workshop harus mampu mengikuti setiap rangkaian kegiatan dengan baik.  

 

“Kegiatan ini bagus untuk kalian 30 orang yang terpilih. Oleh karena itu, ikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai akhir, karena kegiatan ini sangat berguna untuk menghasilkan berbagai karya tulis yang berkualitas, terutama untuk para guru dan peserta didik,” pungkasnya

 

Pantauan media, kegiatan workshop yang akan berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (10-13/10/2021) tersebut diikuti oleh semua guru dan 30 orang peserta didik SMKN 1 Wewewa Barat dengan tetap menerapkan prokes yang berlaku.


Berita : Femy Seran/Marselinus Proklamasi

Foto : Baldus Sae

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments