Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMKN 1 KODI GELAR WORKSHOP PENULISAN KTI



 

Sumba Barat Daya, CAKRAWALANTT.COM - Guna membangun dan meningkatkan budaya literasi di lingkungan pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kodi menggelar Workshop Penulisan Karya Tulisan Ilmiah (KTI) bagi guru dan ragam penulisan kreatif bagi peserta didik. Kegiatan Workshop tersebut merupakan hasil kolaborasi bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Yulius Djawamara, S.Pd, Kamis (21/10/2021).

 

Dalam sambutannya, Yulius menjelaskan pentingnya budaya literasi di lingkungan sekolah. Menurutnya, literasi merupakan salah satu aktivitas penting dalam hidup, sebab sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri warga sekolah, tuturnya, sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Maka dari itu, sambungnya, kegiatan workshop tersebut sangat penting sebagai penguatan literasi di lingkungan sekolah.

 

“Untuk guru buatlah lomba menulis cerpen, menulis puisi, untuk peserta didik berikan mereka sertikat sebagai bentuk pengahargaan.  Hal itu akan sangat memacu semangat mereka.  Di sisi lain, sekolah juga harus menyiapkan mading di setiap kelas, sehingga peserta didik dapat menulis dan memajang karya-karya di mading kelas, tanpa harus mencoret-coret tembok” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Yulius juga menambahkan kegiatan ini juga sangat berguna untuk peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru, serta mengembangkan keterampilan peserta didik. Maka dari itu, sambungnya, peserta workshop harus mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat mengaktualisasikan apa yang didapatkan.



Meningkatan Kecakapan Menulis

 

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMKN 1 Kodi, Ariffudin, S.Pd menuturkan bahwa penyelengaraan kegiatan workshop oleh Tim MPC NTT tersebut merupakan salah satu momentum untuk meningkatkan kecakapan menulis di kalangan guru dan peserta didik. Selain itu, tuturnya, pihak sekolah mampu memperoleh wadah publikasi yang tepat melalui kegiatan workshop tersebut. Maka dari itu, sambungnya, pihak sekolah sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan workshop bersama Tim MPC NTT tersebut.  

 

“Kami bingung media apa yang harus kami cari untuk bisa publikasikan. Kira-kira etika penulisan kami benar atau salah, apakah bisa diterima di masyarakat atau tidak. Hal tersebut yang menjadi kendala bagi kami selama ini,” terangnya.

 

Berita : Marselinus Proklamasi

Foto : Baldus Sae

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments