Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAS FRATER DON BOSCO LEWOLEBA GELAR KEGIATAN LITERASI


 


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2021, Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Frater Don Bosco Lewoleba menggelar kegiatan literasi, Jumat (29/10/2021). Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka tersebut merupakan bagian dari keseluruhan rangkaian acara “Apresiasi Bahasa dan Sastra”. Kegiatan literasi tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMAS Frater Don Bosco Lewoleba, Fr. Norbertus Banusu, CMM, M.Pd dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dalam pelaksanaan, ujarnya, pihak sekolah membangun kolaborasi bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT serta melibatkan 104 orang peserta didik dan semua guru SMAS Frater Don Bosco Lewoleba.  

 

Lebih lanjut dalam sambutannya, Fr. Norbertus sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan literasi tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan momen berharga bagi semua warga SMAS Frater Don Bosco Lewoleba dalam memperingati Bulan Bahasa 2021. Hal tersebut, imbuhnya, menjadi suatu dorongan positif untuk para guru dan peserta didik dalam belajar serta memberikan diri untuk berlatih secara lebih keras. Maka dari itu, sambungnya, pihak sekolah memberikan kesempatan bagi para guru dan peserta didik untuk meningkatkan keterampilan menulis lewat kegiatan pelatihan bersama Tim MPC NTT.   

 

“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan literasi ini, Ini merupakan momen berharga bagi kita semua di Bulan Bahasa 2021. Mari kita memberikan diri untuk belajar dan memberikan diri untuk berlatih menulis karena kita adalah komunitas pendidikan. Ini adalah kegiatan terakhir dalam rangkaian acara kita semua. Maka dari itu, marilah kita saling belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis lewat kegiatan bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala NTT ini,” ungkapnya.

 


Literasi adalah Belajar Sepanjang Hayat

 

Sementara itu, Ketua Yayasan Frater Don Bosco Perwakilan Lembata, Fr. Pilipus Weridity, CMM., M.Ag juga turut memberikan apresiasi bagi terselenggaranya kegiatan ini. Baginya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses belajar yang sangat luar biasa. Kegiatan belajar, imbuhnya, adalah bagian dari proses literasi, sehingga literasi bisa dipandang sebagai proses belajar sepanjang hayat. Dengan kata lain, tuturnya, setiap orang yang ingin belajar hendaknya harus mampu menemukan apa yang berarti untuknya di hari ini, hari esok, dan di hari-hari yang akan datang. Maka dari itu, sambungnya, setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilan yang harus diasah serta digerakan, termasuk melalui kegiatan literasi ini.

 

“Saya sebagai Ketua Yayasan sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa karena berkaitan erat dengan proses belajar. Proses belajar adalah bagian dari literasi, sehingga literasi juga berarti belajar sepajang hayat. Maka dari itu, semua orang harus belajar untuk hari ini, hari esok, dan selamanya, sehingga melalui kegiatan ini kita bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan kita untuk diasah serta digerakan,” tuturnya.

 


Pantauan media, acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Frater Don Bosco Perwakilan Lembata, Kepala SMAS Frater Don Bosco Lewoleba beserta jajaran, Tim Formator Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, para guru dan perwakilan peserta didik. Kegiatan literasi tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu (29-30/10/2021) sesuai prokes yang berlaku. Sebagai bagian dari rangkaian acara, kegiatan tersebut akan melibatkan para guru pada pelatihan menulis artikel ilmiah populer dan para peserta didik pada pelatihan menulis kreatif serta karya jurnalistik.       

 

Berita dan Foto : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments