Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MENDUKUNG PERUBAHAN, MEMBANGUN PENDIDIKAN




 

(Pengalaman Kegiatan Workshop Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) di SMK Negeri 1 Ile Ape)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Terpilihnya SMK Negeri 1 Ile Ape menjadi salah satu Sekolah Pusat Keunggulan (SMK PK) Tahun 2021 membawa perubahan paradigma pendidikan yang semakin maju. SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud pada tahun 2021 ini. Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Tentunya, pencapaian tersebut harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).


Kegiatan Pendampingan Implemantasi Pembelajaran (PIP) di SMK Negeri 1 Ile Ape kali ini dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bangunan dan Listrik Medan dalam bentuk Workshop dengan tema  “Penyusunan Program dan Penyelarasan Kurikulum SMK PK pada SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)”. Tujuan dilaksanakannya pendampingan ini adalah sebagai bentuk dukungan teknis dari Kemendikbudristek pada SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai pelaksana program SMK PK dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan paradigma baru.

 

Pendampingan ini dilakukan dengan lebih mengedepankan dan mendorong para guru agar lebih berinisiatif dan lebih aktif dalam setiap kegiatan. Pendampingan menyeluruh dan mendalam pada program SMK PK ini dirancang untuk mendorong sekolah, agar dapat menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi dengan dunia kerja, serta menjadi rujukan dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya, secara khusus SMK di Kabupaten Lembata.



Rangkaian acara pembukaan kegiatan Pendampingan Implemantasi Pembelajaran (PIP) ini berlangsung dengan aman, lancar, dan hikmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Sebagai tuan rumah, Plt. SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit Kobun, S.Pd dalam sapaan awalnya memberikan ucapan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud atas kepercayaan dan dukungan penuh dari pemerintah Provinsi NTT terhadap lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai SMK Pusat Keunggulan.

 

Atas nama lembaga, panitia dan semua stakeholder lembaga SMK Negeri 1 Ile, Mikael Segegit Kobun, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih yang berlimpah bagi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT bersama ibu dan Korwas Lembata atas kehadirannya sekaligus membuka kegiatan Workshop Penyusunan Program dan Penyelarasan Kurikulum SMK PK pada SMK Negeri 1 Ile Ape secara resmi. Terima kasih juga beliau disampaikan kepada Tim Pendamping Implementasi Pembelajaran (PIP) dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bangunan dan Listrik Medan sebagai narasumber pada kegiatan Workshop tersebut.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Linus Lusi, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya, Linus Lusi merasa bangga karena SMK Negeri 1 Ile Ape merupakan satu-satunya sekolah di kabupaten Lembata yang dipercayakan oleh Direktorat dan didukung penuh oleh pemerintah Provinsi NTT dan pemerintah pusat sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) bersama SMK-SMK lain yang sudah berproses. Beliau mengharapkan agar di Kabupaten Lembata harus ada sekolah yang dijadikan sebagai pusat keunggulan, sehingga anak-anak Lembata bisa memiliki peluang yang sama, kesempatan yang sama setara dengan provinsi lain. Untuk mencapai hal ini pemerintah provinsi akan tetap mendorong dan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM), para guru, dan penyelarasan kurikulum.

 


Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa perlu adanya dukungan dari masyarakat, komite dan orang tua wali peserta didik, karena mereka semua adalah bagian dari agen gerakan pusat keunggulan di sekolah-sekolah kejuruan. Rakyat Lembata boleh berbangga karena SMK Negeri 1 Ile Ape merupakan satu-satunya sekolah di Kabupaten Lembata yang dipercayakan oleh Direktorat dan didukung penuh oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, sehingga sangat diharapkan adanya sosialisasi melalui berbagai kesempatan, masyarakat, media massa, dan tokoh agama sehingga di tahun ajaran baru nanti peserta didik dari kecamatan lain bisa datang dan mau bersekolah di SMK Negeri 1 Ile Ape.

 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Korwas Dikmen Lembata, Benyamin Beda Ruing, S.Pd, serta Tim Pendamping dari BBPPMPV BBL Medan, Kepler Pasaribu, S.E.,M.Pd dan Sahat Maruli S.Si.,M.Pd. Meskipun dalam waktu yang begitu singkat, kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT bersama Ibu telah membawa angin segar bagi lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape.

 

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber sebagai tambahan pengetahuan bagi para guru SMK Negeri 1 Ile Ape tentang program SMK PK ini. Dalam kegiatan tersebut beliau berdua melakukan pendampingan dalam Penyusunan Program dan Penyelarasan Kurikulum SMK Pusat Keunggulan kepada para Wakil Kepala Sekolah, Manajemen Mutu, Kepala Program Keahlian, dan bapak ibu guru yang hadir pada saat itu.

 

Selain itu, beliau berdua juga mengharapkan dengan adanya program SMK PK ini, lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape semakin hari semakin baik dan terdepan serta dapat bersaing dalam mewujudkan era industri 4.0, dan dapat menghasilkan peserta didik yang terampil di bidangnya, sehingga bisa terserap di dunia kerja nantinya, serta siap berwirausaha.

 

Dengan terlaksananya kegiatan ini, SMK Negeri 1 Ile Ape diharapkan mampu untuk memperkuat kemitraan dengan Kemendikbudristek dalam pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan; meningkatkan efisiensi dengan menggunakan platform digital; menghasilkan peningkatan pada soft skills dan hard skills peserta didik yang sesuai kebutuhan dunia kerja dan mempunyai nilai karakter Pancasila; peningkatan sarana prasarana praktik belajar yang berstandar dunia kerja; dan mewujudkan perencanaan yang berbasis data melalui manajemen sekolah.

 

Dari 6 program keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Ile Ape beliau berdua mengharapkan agar tetap menjadi unggul mulai dari kelas X karena kurikulum baru yang diterapkan ini berbasis industri, sehingga output yang dihasilkan benar-benar Link and Match, yaitu pemenuhan standar output sekolah dengan dunia kerja atau dunia industri yang benar-benar kompeten dan siap untuk bekerja.

 


Berbagai persiapan telah dilakukan oleh lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape, dalam berproses menuju SMK PK ini. Mulai dari kegiatan Bimtek Komite Pembelajaran, Bimtek Kepala Sekolah dan Wakasek Kurikulum, Kegiatan pengembangan Karakter dan Budaya Kerja dan Profil Pelajar Pancasila, Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru dalam kegiatan In House Training, Pendampingan dari Perguruan Tinggi Muhammadya Mataram, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) serta kegiatan Pendamping Implementasi Pembelajaran (PIP) dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Bangunan dan Listrik Medan hari ini sedang dilaksanakan.

 

Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum yang juga sebagai Ketua Pelaksana Pengembangan Pembelajaran mengajak semua stakeholder lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape, untuk bergandengan tangan, bahu membahu untuk melakukan perubahan kearah kebaikan bagi semua komunitas lembaga. Mari membangun tim yang kuat dan hebat dalam semangat kerja sama yang baik antara semua elemen dan berusaha untuk meningkatkan profesionalitas dan kinerja dari seluruh komunitas seiring dengan meningkatnya laju perjalanan SMK Negeri 1 Ile Ape tercinta. Peningkatan karakter peserta didik dan pelaksanaan Visi Misi di SMK Negeri 1 Ile Ape harus dikombinasikan dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai progres kurikulum paradigma baru yang telah diberlakukan di SMK Negeri 1 Ile Ape mulai pada tahun pelajaran 2021 / 2022 ini.

 

Teks dan Foto : Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr (Wakasek Kurikulum SMK Negeri 1 Ile Ape)

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments