Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BUPATI TTS LANTIK 299 KEPALA UPTD SATUAN PENDIDIKAN TK, SD, DAN SMP


 


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Egusem Pieter Tahun kembali melantik 299 Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Satuan Pendidikan Jenjang Taman Kanak-kanak (TKK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara virtual, Rabu (13/10/2021). Para calon kepala UPTD tersebut mendapatkan undangan pelantikan di 4 tempat yang berbeda, yakni Ruang Aula Mutis Kantor Bupati TTS, Aula Dinas PK Kabupaten TTS, Aula Inspektorat Kabupaten TTS dan sebagian di Rumah Jabatan Bupati TTS. Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).


Dalam sambutannya, Egusem (Epy Tahun) mengatakan bahwa pelantikan tersebut merupakan momentum penting dalam karya dan tugas baru yang akan diemban oleh para Kepala UPTD tersebut. Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Kepala Sekolah, jelas Epy, para Kepala UPTD tersebut harus memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial. Kelima kompetensi tersebut, sambungnya, harus diimplementasikan ke dalam tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sehari-hari.



Lebih lanjut, tambah Epy, tugas kepala sekolah bukanlah hal yang mudah, sebab harus mampu bertindak sebagai pemimpin, pendidik, dan pencipta iklim budaya yang kondusif. Selain itu, imbuhnya, kepala sekolah dituntut untuk bersikap dan bertindak secara profesional serta memiliki wawasan dan perspektif yang visioner, jujur, dan sportif. Maka dari itu, tegasnya, para kepala sekolah harus menjunjung tinggi etika profesi dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, lingkungan kerja, masyarakat, bangsa, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa.


Di samping itu, Epy juga menekankan pentingnya penanaman karakter dan nilai di kalangan para kepala sekolah guna menjaga identitas profesinya sebagai pendidik dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal tersebut, imbuhnya, juga berkaitan erat dengan pengelolaan kinerja dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sehingga semua kompetensi dan kinerjanya harus teraktualisasi secara baik dalam menyusun rencana atau program kerja sekolah.  



Terlambat Karena Persoalan Pendataan


Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten TTS, Musa Benu yang ditemui di ruang kerjanya menuturkan bahwa pelantikan tersebut berjalan sedikit terlambat karena persoalan pendataan sekolah yang lamban. Maka dari itu, imbuh Musa, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten TTS guna mendata masa kerja kepala sekolah minimal setahun sebelum masa purna jabatan untuk kepentingan pelantikan.  


Lebih lanjut, Musa menerangkan pelantikan kepala sekolah, baik untuk jenjang TK, SD dan SMP pada tahun ini adalah sebanyak 299 orang, dengan rincian Kepala TK sebanyak 24 orang, Kepala SD sebanyak 201 orang dan kepala SMP sebanyak 74 orang. Maka dari itu, Musa berharap para kepala sekolah yang dilantik bisa menjalankan tugas dengan baik guna meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten TTS. Hal itu, pungkasnya, bisa menjadi salah satu barometer perkembangan sebuah daerah.


Berita dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments