Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BANGKITKAN SEMANGAT LITERASI, SMA NEGERI 2 MACANG PACAR GELAR WORKSHOP KTI


 


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Guna membangkitkan semangat literasi di lingkungan sekolah, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Macang Pacar menggelar kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar, Felisianus Jemarus, S.Pd.


Dalam sambutannya, Felisianus menekankan pentingnya kegiatan menulis di kalangan para guru dan peserta didik. Hal tersebut, imbuhnya, merupakan bagian integral dalam konsep literasi dasar, dimana menulis menjadi sarana utama dalam mengembangkan potensi diri. Dengan semangat literasi yang tinggi, tuturnya, cara berpikir seorang guru harus bersifat inovatif guna menunjang profesionalitasnya sebagai tenaga pendidik di dalam kelas. Oleh sebab itu, sambungnya, kegiatan literasi seperti workshop penulisan KTI tersebut mampu mendorong guru untuk memberikan stimulus yang berkelanjutan bagi peserta didik.


“Semangat literasi merupakan cara untuk menuangkan ide. Cara berpikir seorang guru harus mengikuti perkembangan zaman dalam hal menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan seorang guru terus belajar menjunjung tinggi profesionalitas dalam menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik di SMA Negeri 2 Macang Pacar. Kegiatan literasi ini adalah kekhususan dimana guru harus kreatif dalam memberikan stimulasi yang berkelanjutan pada peserta didik,” ujarnya.


Lebih lanjut, terang Felisianus, pihak sekolah berencana untuk menerbitkan buku antologi artikel ilmiah karya guru dan cerita pendek (cerpen) karya peserta didik sebagai tindak lanjut dari penerbitan buku antologi puisi pada tahun 2019 lalu. Hal tersebut, ungkapnya, bisa menjadi semangat bagi para guru dan peserta didik dalam mengembangkan budaya literasi di lingkungan sekolah.



Meningkatkan Profesionalitas Guru


Di lain pihak, Ketua Komite SMA Negeri 2 Macang Pacar, Nikolaus Jehalut, S.Pd mengungkapkan bahwa semua rangkaian kegiatan tersebut merupakan langkah nyata dan strategis dalam meningkatkan budaya literasi di kalangan guru dan peserta didik. Selain itu, imbuhnya, kegiatan workshop tersebut bisa menjadi prasyarat bagi para guru untuk megikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) dan tahap pembelajaran awal bagi peserta didik dalam memasuki dunia perguruan tinggi. Maka dari itu, sambungnya, guru sebagai tenaga pendidik harus mulai giat menulis demi menunjang proses kenaikan pangkat bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)


Sementara itu, perwakilan peserta didik dari Komunitas Sarana Asah Daya Nalar (SADANA) SMA Negeri 2 Macang Pacar Kelas XII Bahasa, Kristianus Garman yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mengaku bangga bisa terlibat aktif. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa membangkitkan semangat semua peserta didik untuk membaca dan menulis. Oleh sebab itu, sambungnya, kegiatan tersebut harus terus diadakan secara berkelanjutan.


“Saya bangga dan senang kegiatan ini di adakan lagi untuk tahap ke dua. Semoga kegiatan ini bisa terus diadakan agar semua peserta didik bisa terdorong untuk rajin membaca dan menulis” pungkasnya.


Pantauan media, pembukaan kegiatan workshop tersebut dihadiri oleh Kepala SMAN 2 Macang Pacar beserta jajaran, Ketua Komite SMA Negeri 2 Macang Pacar, Tim Formator Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, para guru, serta perwakilan peserta didik. Lebih lanjut, kegiatan Workshop Penulisan KTI tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (18-20/10/2021) dengan tetap menerapkan prokes yang berlaku.


Berita dan Foto : Hironimus Deo/Frein Raden

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments