Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAN 2 MACANG PACAR GELAR GLADI BERSIH ANBK


 


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam meningkatkan mutu pendidikan di tengah perkembangan ilmu pengetahuan, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Macang Pacar, Manggarai Barat menggelar gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), Rabu – Jumat (08-09/09/2021). 


Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbud) No. 17 Tahun 2021. Hal itu diutarakan oleh Kepala SMAN 2 Macang Pacar, Felisianus Jemarus ketika diwawancarai oleh media ini. Penerapan simulasi tersebut, tuturnya, dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis (juknis), dimana simulasi ANBK harus digelar sebanyak dua kali dan gladi bersih sebanyak satu kali.          

 

Ia menjelaskan bahwa untuk melaksanakan proses ANBK secara mandiri, pihaknya telah memenuhi syarat dari segi sarana dan prasarana. Menurutnya, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik, pihaknya mampu menggelar ANBK secara baik pula


Peningkatan mutu pendidikan, ujarnya, dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar, seperti; literasi dasar, karakter, kualitas belajar dan mengajar, serta iklim pendidikan yang mendukung. Semua hal tersebut, sambungnya, diperoleh dari tiga instrumen utama, yakni; Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

“Kita sudah mandiri dan siap dari segi sarana dan prasana. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Permendikbud dan juknis penyelenggaraan ANBK,” ujarnya.

 

Sementara itu, lanjut Felisianus, kegiatan simulasi dan gladi ANBK tersebut berguna untuk memperlancar proses pelaksanaan ANBK pada akhir September 2021 mendatang. Maka dari itu, pungkasnya, para peserta didik harus serius mengikuti kegiatan tersebut demi keberhasilan ANBK.




Gladi Bersih Berjalan Lancar

 

Di lain pihak, proktor ANBK SMAN 2 Macang Pacar, Georgius Suryato mengakui bahwa kegiatan gladi bersih tersebut berlangsung secara lancar. Jumlah peserta didik yang terlibat di dalam kegiatan tersebut, ungkapnya, adalah sebanyak 45 orang. Menurutnya, aspek fasilitas pada SMAN 2 Macang Pacar sudah berstatus mandiri, sehingga bisa digunakan oleh sekolah-sekolah lain, baik SMP maupun SMA se-Kecamatan Pacar untuk melaksanakan ANBK.

 

Lebih lanjut, tutur Georgius, dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut, terdapat beberapa kendala teknis, seperti; stabilitas jaringan yang belum maksimal, sehingga pihaknya berharap agar Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) bisa segera menanggulangi persoalan tersebut.  

 

Di  sisi serupa, dua perwakilan peserta didik SMAN 2 Macang Pacar, Marianus Safi Safiola dan Gracia Talia Devani mengungkapkan bahwa ANBK sangat berguna bagi perkembangan pendidikan mereka. Menurut keduanya, para peserta didik bisa dituntun untuk mampu menggunakan teknologi pembelajaran secara baik sesuai dengan standar Kemendikbud, sehingga proses persiapan menuju ANBK bisa berjalan lancar.

 

“Kami dilatih untuk mampu menggunakan teknologi pembelajaran secara baik, sesuai dengan standar Kemendikbud. Hal itu berguna dalam proses persiapan menuju ANBK mendatang,” pungkas Marianus.

 

Berita : Hironimus Deo

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments