Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PESERTA DIDIK SMKN KUALIN SUKSES IKUTI ANBK

 



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sukses mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 untuk jenjang SMK, pada Senin-Selasa (20-21/09/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMKN Kualin, Alfonsus Tapatab ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/09/2021).

 

Menurutnya, secara garis besar, proses pelaksanaan ANBK di SMKN Kualin berjalan dengan lancar, meskipun dengan beberapa kendala teknis. Hal tersebut, imbuhnya, mendorong pihak sekolah untuk memilih metode semi-online dalam menyelenggarakan ANBK tahun ini.

 

“Pelaksanaan ANBK di SMK Negeri Kualin berjalan dengan lancar walaupun ANBK ini baru perdana dilaksanakan namun tidak ada kendala dalam pelaksanaanya, di SMK Negeri Kualin ini kami memilih untuk melakukan ANBK Semi-online,” ujarnya.

 


Sementara itu, dalam menunjang kelancaran proses ANBK, terangnya, pihak sekolah telah mempersiapkan semua materi ujian bagi peserta didik untuk dipelajari terkait literasi dan numerasi. Selain itu, sambungnya, para peserta didik selalu dituntun untuk mengikuti simulasi serta geladi bersih sebelum melaksanakan ANBK. Namun lebih lanjut, sambung Alfonsus, pihaknya sangat mengharapkan perhatian dan bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menanggulangi kendala-kendala teknis menyangkut layanan jaringan internet.   

 

“Sebelumnya peserta didik telah dipersiapkan dengan baik, ada simulasi dan juga geladi bersih dalam pelaksanaan ANBK ini, yang mengikuti ANBK sebanyak 50 peserta didik yang ditentukan langsung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI, dari ke 50 itu 45 yang mengikuti ANBK sementara 5 orang itu sebagai cadangan. Sekalipun pelaksanaan ANBK ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19 namun dengan mematuhi protokol kesehatan para peserta didik yang mengikuti ANBK telah dipersiapkan dengan berbagai materi yang diberikan oleh guru,” pungkasnya.

 


Menyelesaikan Soal dengan Baik

 

Di lain pihak, perwakilan peserta didik, Kesi Y. Toni, mengungkapkan bahwa soal-soal yang terdapat pada ANBK tersebut mampu diselesaikan dengan baik dan teliti. Sekalipun soal-soal tersebut didominasi oleh teks, imbuhnya, dirinya bersama peserta didik lain mampu menyelesaikan semua soal dengan baik. Hal tersebut, sambungnya, bisa berjalan lancar karena pihak sekolah telah mempersiapkan kemampuan para peserta didik secara rutin, baik dari aspek literasi maupun numerasi.  

 

“Saya senang sekali karena saya berkesempatan mengikuti ANBK ini, dari ratusan peserta didik yang ada kami ada 45 orang yang mengikuti ANBK, soal-soal yang muncul tadi lebih banyak teks, tetapi saya bisa menyelesaikan soal-soal itu dengan baik." ungkapnya.

 

Berita dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments