Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAN 2 RAHONG UTARA GELAR WORKSHOP PENULISAN KTI


Kupang,
 CAKRAWALANTT.COM-Dalam rangka menguatkan budaya literasi di lingkungan sekolah, SMA Negeri 2 Rahong Utara, Manggarai menggelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi guru dan peserta didik bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT. Kegiatan tersebut berlangsung secara tatap muka dan dibuka langsung oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Manggarai, Fransiskus Borgias dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), Kamis (19/08/2021).

Dalam sambutannya, Fransiskus menegaskan bahwa literasi sangat berperan penting dalam membentuk manusia atau individu agar memiliki kompetensi dan karakter yang siap bekerja secara tepat, benar, dan cerdas. Hal tersebut, ungkapnya, mampu melahirkan generasi NTT yang hebat dan unggul, baik secara fisik, pemikiran inovatif, dan karakter. Maka dari itu, sambungnya, semua pihak harus memanfaatkan momentum berharga ini secara baik.

“Kita perlu membuktikan bahwa orang NTT tidak hanya bekerja mengandalkan fisik saja, tetapi juga dengan otak. Orang NTT adalah orang-orang hebat. Sekarang tinggal memanfaatkan kesempatan berharga ini. Jangan membuat orang takut dengan fisik kita saja tetapi juga dengan isi pikiran kita yang inovatif” tegasnya.

Pentingnya Membaca dan Menulis

Di sisi lain, dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 2 Rahong Utara, Aloysius Tion, S.Pd menuturkan bahwa membaca dan menulis merupakan dua hal penting yang berguna bagi peningkatan kualitas guru dan peserta didik. Menurutnya, buku adalah jendela dunia, sehingga melalui proses membaca, para guru dan peserta didik bisa menemukan beragam pengetahuan sembari memperluas wawasannya. Hal tersebut, jelasnya, akan semakin efektif ketika semua wawasan tersebut dituangkan ke dalam produk tulisan yang bermanfaat. Oleh sebab itu, sambungnya, para guru dan peserta didik harus terlibat aktif di dalam workshop penulisan KTI ini.   

“Saya merasa Kehadiran media cakrawala NTT sebagi sebuah lembaga yang intens mendampingi sekolah-sekolah dalam penguatan literasi sangatlah membantu perkembangan pendidikan sekolah kami ini. Saya juga sangat mengharapkan kepada para guru dan murid agar kesempatan ini tidak disia-siakan. Kita semua perlu tekun dan semangat dalam mengikuti pelatihan menulis ini” pungkasnya.


Pantauan media, seremonial pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Korwas SMA/SMK Kabupaten Manggarai, Kepala SMA Negeri Rahong Utara, Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno beserta jajarannya, serta para peserta workshop. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni; Kamis hingga Sabtu (19-21/08/2021) sesuai prokes yang berlaku.

Berita : Frein Raden

Editor : Mario Djegho

Post a Comment

0 Comments