Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PAROKI ST. MARIA ASSUMPTA KUPANG TERAPKAN PELAYANAN DARING


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM –
Dalam mendukung Surat Edaran Wali Kota Kupang dan Surat Gembala Bapak Uskup Agung Kupang, Paroki St. Maria Assumpta Kupang mulai menerapkan pelayanan daring bagi umat di wilayahnya. Pelayanan tersebut meliputi Perayaan Ekaristi, pendampingan umat, dan pembinaan-pembinaan lainnya, termasuk pembinaan calon komuni yang pertama.

 

Hal itu diutarakan oleh Pastor Paroki St. Maria Assumpta Kupang, RD. Rudolf Tjung Lake. Menurutnya, pada masa pandemi ini, semua pihak harus menjalani kehidupan secara bijaksana, sebab hidup adalah sebuah anugerah yang paling istimewa dari Tuhan dan seluruh uat harus menjaga dan merawatnya, serta senantiasa berjuang agar kehidupan bisa terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, baginya, dengan melaksanakan pelayanan secara daring, semua umat dituntun untuk lebih bijak dalam memahami situasi dan kondisi sekitarnya.

 

“Hidup adalah sebuah anugerah yang paling istimewa dari Tuhan dan kita harus menjaganya, merawat dan senantiasa berjuang agar kehidupan kita sungguh bertumbuh dan berkembang. Pada masa ini tentu kita harus menjalani kehidupan dengan bijaksana maka daripada itu sesudah Wali Kota Kupang mengeluarkan surat edarannya pada tanggal 5 Juli 2021 dan Bapak Uskup Agung Kupang mengeluarkan surat gembalanya kita sekalian umat di Paroki Santa Maria Assumpta akan melaksanakan seluruh kegiatan-kegiatan kita secara daring baik pada perayaan ekaristi maupun pendampingan umat dan pembinaan-pembinaan termasuk juga pembinaan calon komuni yang pertama,” ungkapnya.

 

Pembinaan Calon Komuni Pertama Digelar Secara Daring

 

Lebih lanjut, terang Pastor yang akrab yang disapa Romo Rudi tersebut, proses pembinaan para calon penerima komuni pertama (Sakramen Ekaristi) akan digelar secara daring atau virtual sesuai dengan surat edaran yang berlaku. Menurutnya, di tengah keterbatasan akibat pandemi, umat Katolik, terutama umat Paroki St. Maria Assumpta Kupang harus tetap berkarya dan terus melaksanakan tugas-tugas yang telah Tuhan percayakan.

 

Oleh karena itu, sambungnya, semua umat harus mampu menggunakan segala sarana dan fasilitas untuk tetap berjumpa dalam iman, pengharapan, dan kasih, sehingga pelayanan secara daring adalah alternatif dalam melestarikan semua karya dan tugas tersebut.  

 

Kita tetap berkarya dan terus melaksanakan tugas-tugas yang telah Tuhan percayakan kepada kita, kita tidak pernah akan berhenti karena pada masa pandemi ini, kita menggunakan segala macam sarana, segala macam fasilitas yang Tuhan berikan kepada kita supaya tetap berjumpa di dalam iman, berjumpa di dalam pengharapan, berjumpa di dalam kasih. Paroki Santa Maria Assumpta telah mengadakan pembinaan komuni pertama dan sesudah surat edaran itu dikeluarkan kita memutuskan pembinaan komuni pertama itu dilakukan secara daring dan kita sekalian berharap bahwa kegiatan yang dilakukan secara daring melindungi kehidupan kita dan senantiasa membuat kita bisa bertumbuh dan berkembang,” ujarnya.

 

Butuh Sinergisitas Bersama Orang Tua

 

Dalam mendukung proses pembinaan secara daring, Romo Rudi juga sangat mengharapkan kerja sama dari para orang tua guna memperlancar semua kegiatan daring tersebut. Orang tua, imbuhnya, harus membantu dan menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang, seperti; HP android, serta memberikan ruang dan kesempatan belajar yang tepat bagi para calon penerima komuni pertama. Hal tersebut, sambungnya, akan membantu para Pembina dalam memberikan arahan dan bimbingan secara efektif.

 

“Karena itu kami minta kepada para pembina, orangtua dan juga anak-anak sekalian mengikuti pembinaan ini dengan penuh tanggung jawab dengan sukacita karena tetap diberikan kesempatan untuk mengalami kehadiran Tuhan lewat hal-hal yang berguna dalam pembinaan ini. Semoga para orangtua membantu anak-anak di rumah supaya mengikuti pembinaan ini dengan baik dengan menyediakan fasilitas-fasilitas misalnya Handphone Android dan juga memberikan ruang dan kesempatan serta pendampingan supaya anak-anak mengikuti pembinaan dengan baik,” pungkasnya.

 

Berita & Foto: Mario Djegho

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments