Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DINAS PK TTS BAKAL GELAR WORKSHOP GURU


TTS, CAKRAWALANTT.COM –
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kab. TTS bakal menggelar Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. TTS, Dominggus J. O. Banunaek, S.E., M.Si., saat ditemui media ini, Sabtu (05/06/21).

 

“Sudah saatnya kita bergerak bersama untuk menigkatkan mutu pendidikan di daerah ini. Pemberdayaan dan peningkatan profesionalitas guru menjadi hal penting yang harus diperhatikan ke depannya,” tuturnya.

 

Menurutnya, ada banyak kendala yang dialami oleh guru-guru dalam hal pengurusan kenaikan pangkat. Oleh karena itu, dirinya terus berupaya untuk mencari solusi, menggandeng mitra professional untuk mengatasi persoalan dimaksud.

 

“Ada banyak guru yang terkendala dalam urusan kenaikan pangkat. Untuk urusan kenaikan pangkat tentu butuh publikasi karya guru. Nah, ini yang jadi soal. Rendahnya kemampuan menulis dan tidak ada data publikasi menjadi hambatan bagi mereka untuk urusan kenaikan pangkat. Ada juga yang bisa menulis tetapi tidak tahu publikasinya nanti ke mana,” jelasnya.

 

Dominggus menjelaskan, sejak ia dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. TTS, keprihatinan terkait hal ini mendorong dirinya untuk terus berupaya mencarikan solusi. Baginya, guru adalah garda terdepan untuk memajukan peradaban bangsa. Oleh karena itu, dirinya berharap agar hal-hal yang berkaitan dengan hak-hak guru perlu diperhatikan secara serius.

 

“Ada guru yang sudah mengabdi sekian tahun, hampir pensiun bahkan tetapi hidupnya begitu-begitu saja. Mau urus naik pangkat, terhambat banyak hal. Salah satunya soal publikasi karya. Nah, ini yang perlu kita dorong supaya ada perubahan ke depannya,” tambahnya.

 

Di akhir wawancara, Dominggus mengungkapkan pentingnya kolaborasi dan sinergi untuk memajukan pendidikan. Salah satu upaya konkret yang akan digelar nantinya adalah menggandeng mitra professional untuk mengadakan pelatihan menulis bagi guru-guru. Hasil pelatihan ini kemudian nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal dan buku.

 

Berita & Foto: Baldus Sae/ dok. Redaksi

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments