Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMKN 1 LEMBOR SELATAN GELAR UKK MANDIRI



Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM – SMKN 1 Lembor Selatan menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Mandiri bagi peserta didik Kelas XII, Rabu (24/03/2021). Menerapkan protokol Kesehatan yang ketat, UKK diadakan secara tatap muka di sekolah setempat.

 

"Bermodal keberanian dan juga semangat maka kami di Lembaga Pendidikan SMKN 1 Lembor Selatan bersepakat tetap melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian secara offline atau tatap muka," ujar Kepala SMKN 1 Lembor Selatan, Hortensia Herima, S.Pd., kepada media ini.

 

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga pendidikan yang diembannya, tegas Hortensia, guru-guru terus bekerja profesional, tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan. Menurutnya, pandemi covid-19 jangan dijadikan alasan untuk tidak beraktivitas. Meski masih pandemi namun segala rencana dan usaha terkait pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik harus tetap dijalankan. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab suatu lembaga pendidikan terhadap peserta didiknya, tegas Hortensia.

 

“Hari ini, Rabu tanggal 24 Maret 2021 adalah hari pertama SMKN 1 Lembor Selatan melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian Kelas XII, dimana UKK merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 atau 3 tahun pada KKNI. UKK yang dilaksanakan di SMKN 1 Lembor Selatan adalah UKK Mandiri. UKK Mandiri adalah SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri guna menggunakan instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan institusi pasangan dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan," jelasnya.


 

Lebih lanjut Hortensia menuturkan, SMKN 1 Lembor Selatan memiliki dua kompetensi keahlian yakni, Akomodasi Perhotelan (APH) dan Usaha Perjalananan Wisata (UPW). Jumlah peserta UKK dari dua kompetensi keahlian ini sebanyak 90 orang dengan rincian Kelas XII APH 50 orang dan UPW 40 orang.

 

“UKK dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 24 Maret sampai dengan tanggal 27 Maret 2021. Penguji UKK terdiri dari dua yang disebut Assesor. Ada yang eksternal, juga internal. Assesor eksternal untuk kompetensi keahlian APH dari dunia industri yang merupakan mitra sekolah yakni dari Hotel Jayakarta Komodo, Bapak Feliks Soni, dan Assesor Usaha Perjalanan Wisata dari anggota ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies) sebuah asosiasi perusahaan perjalanan wisata cabang Labuan Bajo, Bapak Donatus Matur. Kedua Assesor eksternal ini memiliki sertifikat sertifikasi sesuai kompetensi keahlian yang mereka miliki. Sedangkan, Assesor internal Bapak Yustinus Agung, sebagai Ketua Program studi APH. UKK di hari pertama ini berjalan aman dan lancar sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

 

Berita dan Foto: Ino Sengkang/ dokumentasi sekolah

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments