Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TINGKATKAN BUDAYA LITERASI, MPC NTT ADAKAN WEBINAR PENDIDIKAN


 

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka meningkatkan budaya literasi di NTT, Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT mengadakan Webinar Pendidikan bertajuk “Bersinergi Membangun Budaya Literasi di NTT”, Sabtu (9/1/2021). Webinar yang digelar menggunakan aplikasi zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui you tube Buka Buku tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., serta menghadirkan pembicara utama, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Syaiful Bahri Lubis, S.S., M.A., dan akademisi Undana sekaligus Pembina MPC NTT, Dr. Marsel Robot.

 

Dalam sambutannya, Linus Lusi memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya, kegiatan ini adalah sebuah wadah pembelajaran bagi masyarakat NTT dalam membangun budaya literasi. Baginya, esensi dari literasi adalah memberikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek sehingga penguatan literasi harus berjalan bersama-sama.   

 

“Esensi literasi adalah memberikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek. Maka dari itu, kegiatan yang cerdas ini dapat dijadikan sebagai media publikasi dan edukasi terhadap masyarakat NTT untuk menumbuhkan literasi secara bersama-sama,” ungkapnya.

 


Sementara itu dalam pemaparan materinya, Syaiful Bahri Lubis menekankan dua hal penting dalam menumbuhkan dan membangun budaya literasi di NTT yakni, adanya sinergisitas dalam mengentaskan literasi dan upaya kerja sama dalam membangun literasi.

 

“Kita harus bersinergi dalam mengentaskan literasi dan bergandengan tangan dalam membangun literasi,” tuturnya.

 

Menurutnya, semua pihak harus berpartisipasi aktif dalam membangun budaya literasi di NTT. Dimulai dari pemeritah daerah, perguruan tinggi, guru, komunitas, masyarakat dan DPRD, tokoh masyarakat dan agama, media massa dan sebagainya, harus bersama-sama dan bekerja sama dalam membangun budaya literasi.

 


Mewakili MPC NTT, Dr. Marsel Robot memaparkan lima belas rencana strategis implementasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang menjadi program utama MPC NTT tahun 2021. Lima belas program tersebut yakni, Workshop Penulisan PTK/PTS, Penulisan Jurnal, Artikel Ilmiah Populer, Konversi PTK/PTS ke Jurnal, Konversi PTK/PTS/Jurnal ke Artikel Ilmiah Populer, Best Practice, Pembelajaran Berbasis IT, Metode, Model, dan Media Pembelajaran, Penulisan Teks Berbasis Lokalitas, Penulisan Buku, Jurnalistik, Public Speaking, Literasi Digital, Penguatan Karakter melalui Literasi, dan Penulisan Kreatif.

 


Sementara itu tampil sebagai penanggap, Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) NTT, Polikarpus Do, S.S., mengungkapkan, dalam membangun budaya literasi di NTT diperlukan sinergisitas dari semua pihak tanpa terkecuali. Hal tersebut penting karena baginya literasi adalah gerakan bersama yang mendorong keterlibatan semua pihak tanpa terkecuali.

 

“Literasi adalah sebuah gerakan bersama dimana semua pihak terlibat di dalamnya tanpa terkecuali. Ada tiga komponen besar yang menjadi sasaran kita semua yakni, literasi keluarga, literasi sekolah, dan literasi masyarakat. Literasi adalah pintu masuk dan keluar dari ketertinggalan. Literasi adalah gerbong besar untuk meninggalkan ketertinggalan,” tegasnya.


 

Pantauan media, Webinar Pendidikan perdana MPC NTT tahun 2021 ini dipandu oleh Presiden Komunitas Secangkir Kopi Kupang, Rian Seong, S.Pd., M.M., sebagai moderator. Hadir sebagai peserta yakni, Ketua PGRI NTT, perwakilan Ketua PGRI kab/kota se-NTT, Ketua Agupena NTT, perwakilan Kadis PK kab/kota se-NTT, perwakilan Ketua MKKS SMP dan SMA/SMK se-NTT, perwakilan Korwas SMP dan SMA/SMK kab/kota se-NTT, perwakilan pegiat literasi, serta perwakilan guru dan dosen. Kegiatan ditutup secara resmi oleh Pemimpin Redaksi MPC NTT, Robert Fahik, M.Si.

 

Berita: Mario Djegho

Foto: Dokumentasi Redaksi MPC NTT

Editor: R. Fahik  

 

Post a comment

0 Comments