Latest News

Tuesday, 7 July 2020

PRAKTIK KERJA LAPANGAN KEBIDANAN KOMUNITAS STIKES MARANATHA KUPANG, TUAI APRESIASI MASYARAKAT MANUTAPEN

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Praktik Kerja Lapangan Kebidanan Komunitas STIKes Maranatha Kupang menuai apresiasi masyarakat Kelurahan Manutapen. Menurut Lurah Manutapen  Andy Adriansah Akbar, kegiatan ini sangat membantu masyarakat dan pemerintah di Kelurahan Manutapen untuk mendapatkan data yang akurat mengenai persoalan di bidang kesehatan. 

“Saya mengucapkan terima kasih karena kurang lebih satu minggu ini, teman-teman mahasiswa STIKes Maranatha sejumlah 64 orang sudah melakukan pengabdian berupa praktik kerja lapangan di Kelurahan Manutapen. Hasil teman-teman lakukan praktik itu ada pengumpulan data yang sangat baik. Kami sangat berterima kasih karena data-data itu sangat bermanfat bagi kami. Terima kasih atas kerja sama dan perhatian dari STIKes Maranatha Kupang,” ungkap Andy Adriansah Akbar, Selasa (07/07/2020).


Dia berharap, di periode berikutnya kegiatan pengambilan data melalui praktik kerja lapangan ini dapat teruskan. Seperti halnya komunikasi, informasi, dan edukasi terkait masalah kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, gizi ibu hamil dan bayi.



Pada kesempatan yang sama, Ketua STIKes Maranatha Kupang, Stefanus  Mendes Kiik, S.Kep, Ners, Sp. Kep. Kom, M.Kep, mengingatkan kepada mahasiswa praktik tentang pentingnya praktik kerja lapangan untuk mengaplikasikan semua imu yang  telah diperoleh. 


“Kesempatan dua minggu ini tentunya adalah kesempatan yang luar biasa yang boleh anak-anak kami dapatkan di tempat ini. Mereka di kampus setiap hari belajar berteori, praktik lab, tetapi pada kesempatan dua minggu di sini mereka boleh mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di kampus”.


Lebih lanjut,  Stefanus  menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Kelurahan Manutapen atas dukungan bagi 64  mahasiswanya selama menjalankan praktik kerja lapangan.


“Kami sangat bersyukur dan  berterima kasih bahwa mereka mahasiswa kami, 64 orang ini, boleh menyelesaikan praktik di tempat ini. Tentunya dalam berpraktik mungkin saja ada hal-hal yang kurang berkenan yang dilakukan mahasiswa kami. Oleh karena itu, kami dari pihak institusi menyampaikan permohonan maaf, kira-kira selama dua minggu di sini ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga praktik kerja sama yang sudah terbina boleh berjalan dan  berlangsung untuk seterusnya,” tutup Stefanus.



Praktik  Kerja Lapangan Kebidanan Komunitas  ini, diselenggarakan oleh STIKes Maranatha Kupang Prodi D-III Kebidanan dengan peserta 64 mahasiswi kebidanan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak, Kota Kupang,  yang merupakan Kelurahan Model di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sejak 23 juni hingga 7 Juli 2020. Praktik  Kerja Lapangan Kebidanan Komunitas  ini juga  merupakan bagian dari dukungan  institusi STIKes Maranatha Kupang dalam mendukung program pemerintah. (Alex/RZ)


comments

No comments:

Post a comment