Latest News

Friday, 19 June 2020

KBM DI NTT DIRENCANAKAN TANGGAL 13 JULI 2020

Drs. Benyamin Lola, M.Pd. (Foto: nttsatu.com)

Kota Kupang, CAKRAWALA NTT.COM Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada sekolah di wilayah NTT direncanakan akan dimulai bertepatan dengan awal tahun ajaran baru 2020/2021, yakni pada 13 Juli 2020 sesuai dengan arahan Protokol Covid-19. Demikian disampaikan Kepala Dinas PK Provinsi NTT, Drs. Benyamin Lola, M.Pd., Kamis (18/6/2020).

Dikatakannya, rencana itu disusun dengan mempertimbangkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam mencegah penularan Covid-19. Terkait rencana tersebut, Benyamin Lola mengharapkan para kepala sekolah pada tiap satuan pendidikan se-NTT, untuk memperhatikan tujuh hal penting.

Tujuh hal penting tersebut yakni, pertama, terkait dua sistim belajar yaitu belajar di rumah dengan menggunakan media komunikasi seperti HP atau secara tatap muka online, dan sistim yang kedua adalah belajar di sekolah tetapi dalam jumlah terbatas disesuaikan dengan jumlah siswa.

Kedua, KBM dengan durasi waktu 1 jam 35 menit  satu hari 4-5 mata pelajaran di sesuaikan dengan jumlah mata pelajaran dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK. Ketiga, guru wajib  menyiapkan modul berdasarkan  KI dan KD. Keempat, belajar mulai jam pagi sampai sore tergantung dengan kondisi di lapangan.

Kelima, para guru dan siswa-siswi tetap menggunakan masker dan tetap mencuci tangan dan duduk dengan mengambil jarak. Keenam, bagi siswa dan para guru yang tidak memiliki kendaraan pribadi diusahakan untuk menyesuaikan dengan tukang ojek, dan kalau ada kendaraan sendiri diharapkan orang tua tetap antar-jemput. Ketujuh, kepala sekolah dan para guru, orang tua dan komite untuk saling kerja sama memperhatikan anak-anak.

Disinggung terkait daerah zona hijau di NTT seperti Kabupaten Lembata, Benyamin Lola menegaskan agar pembelajaran tetap memperhatikan protokol Covid-19. Khusus untuk proses belajar siswa, lanjutnya, tetap diperhatikan tetapi harus bertanya kepada anak, jangan memaksa anak sehingga peran guru harus mengambil strategi yang baik untuk belajar paling lama 35 menit. (Rofinus R.R/red)

comments

No comments:

Post a comment