Latest News

Friday, 29 May 2020

DINAS PK TTS TERAPKAN PEMBELAJARAN MELALUI RADIO


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Selama masa pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan di rumah, sejak tanggal 9 April 2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS menerapkan pembelajaran melalui radio bertajuk “Program Guru TTS Mengajar” melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten TTS.

“Guru TTS Mengajar ini melibatkan mulai dari satuan pendidikan PAUD, SD dan SMP dengan jadwal untuk PAUD itu dari Pkl. 08.00 – 09.00, sementara untuk SD dari Pkl. 10.00 – 10.35, dan SMP dari Pkl. 19.00—20.10. Untuk pembelajaran melalui Radio ini sejak tanggal 9 April hingga saat  ini para peserta didik sudah meminati pembelajaran melalui radio sehingga pada jam yang telah ditentukan itu dapat dibantu oleh orang tua/wali untuk mengikuti pembelajaran, dan semua ini dapat berjalan dengan baik,” kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si., Jumat (22/5/2020).

Lebih lanjut Seperius Sipa menjelaskan bahwa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran melalui radio yaitu  belum semua wilayah di Kabupaten TTS dapat mengakses radio, misalnya di sebagian wilayah Kecamatan Nunbena, Nunkolo dan Boking. Hal tersebut mengakibatkan para guru akhirnya hanya mengandalkan pemberian tugas secara manual.

“Selain pembelajaran melalui radio, semenjak tanggal 13 April 2020 Kemendikbud juga mencanangkan pembelajaran melalui TVRI, hanya kendalanya bahwa tidak semua daerah memperoleh akses jaringan untuk TVRI, bahkan di dalam Kota Soe saja jaringan TVRI masih sulit. Namun upaya pemerintah daerah  Kabupaten TTS untuk bagaimana bisa memastikan anak-anak belajar baik distrubusi tugas, maupun melalui radio dan TVRI ini tetap berjalan normal hingga saat ini. Kami juga tetap berkomitmen untuk  program pembelajaran melalui Radio ini akan tetap berlanjut pasca-pandemi covid-19. Program ini akan dilaksanakan setiap minggu, tetap akan diisi untuk PAUD hingga SMP,” jelasnya.

Kepala SD GMIT Nunkolo 1, Dina Costan Tahun, S.Pd., yang dikonfirmasi melalui sambungan telepn seluler, Rabu (27/5/2020), mengatakan bahwa sejak adanya surat edaran dari Bupati TTS agar proses pembelajaran dilakukan di rumah, pihak sekolah langsung meresponnya dengan cara para guru mengunjungi setiap rumah siswa untuk memberikan tugas. Para guru yang ada, jelasnya, dibagi dalam beberapa zona dan diberikan jadwal untuk menhgunjungi para siswa, memberikan tugas sekaligus mengumpulkan kembali tugas yang sudah diberikan.

“Program pembelajaran di rumah yang berjalan sejauh ini, orang tua di wilayah Kecamatan Nunkolo sangat antusias dalam mendorong anak-anak untuk belajar di rumah. Karena jika para guru tidak mengikuti siswa di rumah maka para orang tua bingung apa yang harus diajarkan kepada anak-anak, namun dengan adanya kunjungan guru ke rumah siswa maka para orang tua sangat mendukung,” tuturnya.

Terkait Program Guru TTS Mengajar melalui RSPD, Dina Tahun mengatakan bahwa anak didik di wilayahnya tidak pernah mengikuti pembelajaran melalui radio karena jaringan untuk mengakses radio belum tersedia. Karena itu pihaknya tetap menerapkan langkah yang sudah dilakukan sejak awal yakni, para guru mengunjungi rumah siswa sesuai pembagian tugas yang ada.

“Saya berharap pandemi covid-19 ini cepat berlalu sehingga proses pembelajaran di sekolah kembali dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat maksimal,” harapnya. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment