Latest News

Sunday, 19 April 2020

PERTAMA KALI, PELANTIKAN PEJABAT KEMENDIKBUD DILAKUKAN SECARA DARING KARENA COVID-19

Jakarta, CAKRAWALANTT.COM – Untuk pertama kalinya, pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dilakukan secara daring atau online karena masa pandemi Covid-19. Pelantikan pejabat secara daring berlangsung melalui telekonferensi dengan menggunakan aplikasi konferensi video dan disiarkan secara langsung melalui Youtube KEMENDIKBUD RI, pada Kamis pagi (16/4/2020). Seluruh pejabat yang dilantik berada di rumah masing-masing, sedangkan petugas pelantikan berada di Kantor Kemendikbud, Jakarta, yakni protokol, humas, dan teknisi TIK.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Ainun Na’im melantik Rektor Universitas Bangka Belitung, Ketua Lembaga Layanan Dikti Wilayah III Jakarta, 10 Pejabat Tinggi Pratama, dan tiga Pejabat Fungsional Ahli Utama secara daring, dari rumahnya di daerah Jakarta Pusat. Pelantikan dilakukan melalui telekonferensi dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi Covid-19. Protokol Kemendikbud juga mengeluarkan tata tertib khusus untuk pelantikan pejabat secara daring ini.

Beberapa hal yang diatur dalam tata tertib tersebut antara lain pemakaian aplikasi konferensi video harus menggunakan laptop atau PC, tidak diperkenankan menggunakan telepon seluler; latar belakang atau background ruangan menggunakan gambar yang telah disediakan host; pejabat yang dilantik berada di dalam ruangan tertutup dengan pencahayaan yang memadai agar terlihat jelas dan didampingi minimal satu operator dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Pejabat yang dilantik juga harus menyiapkan kitab suci untuk digunakan saat pelantikan. Kitab suci tersebut diletakkan di meja sebelah kanan. Saat pengambilan sumpah, kitab suci dipegang dengan kedua tangan di depan dada.

Keseluruhan pelaksanaan pelantikan dipandu oleh host dari protokol yang berada di Kantor Kemendikbud. Protokol Kemendikbud antara lain bertugas sebagai pembawa acara atau MC, pembaca naskah pelantikan, dan petugas yang memegang kitab suci saat pembacaan sumpah jabatan. Semua proses pelantikan daring dari aplikasi konferensi video tersebut disiarkan secara langsung di akun Youtube KEMENDIKBUD RI.

Dalam sambutannya saat pelantikan, Sesjen Kemendikbud Ainun Na’im mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pejabat yang dilantik dan mengingatkan kembali untuk patuh pada anjuran pemerintah serta menjalankan protokol kesehatan di mana pun berada. “Kita harus menjadi bagian dari agen pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengurangi kerja di kantor, bekerja dari rumah, tetap berada di rumah, dan tidak mudik atau bepergian ke luar kota,” ujarnya.

Pranata Humas Ahli Muda, Anandes Langguana, merupakan salah satu petugas yang bertugas di kantor Kemendikbud saat pelantikan daring. Ia mengatakan, pelantikan kali ini merupakan pelantikan perdana yang dilakukan Kemendikbud di tengah pandemi Covid-19. “Semua petugas tetap melaksanakannya dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, antara lain menggunakan masker dan menjaga jarak. Dengan menggunakan konferensi video, memungkinkan pejabat yang dilantik dapat hadir secara virtual, dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,” tutur Anandes. (kemdikbud.go.id/rf)

Daftar Pejabat yang Dilantik:

1. Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., Rektor Univ Bangka Belitung 2020-2024

2. Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta, Periode 2020-2024

3. Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., Kepala Biro Perencanaan, Setjen Kemendikbud

4. Dr.Ir. Mustangimah, M.Si., Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana, Setjen Kemendikbud

5. Evy Mulyani, Ak., M.B.A., Ph.D., Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Setjen Kemendikbud

6. Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D., Kepala Pusat Penguatan Karakter, Setjen Kemendikbud

7. Dr. Abdul Kahar, M.P.Pd., Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Setjen Kemendikbud

8. Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos., M.Hum. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Setjen Kemendikbud

9. Masrul Latif, S.I.P., M.Si., Inspektur IV, Itjen

10. Judi Wahjudin, S.S., M.Hum., Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Ditjenbud

11. Sjamsul Hadi, S.H., M.Hum. Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Ditjenbud

12. Drs. Ade Erlangga Masdiana, M.Si., Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV Kupang, Periode 2020-2024

Jabatan Fungsional Ahli Utama:


1. Ir. Harris Iskandar, Ph.D., Widyaprada Ahli Utama

2. Ir. Sri Renani Pantjastuti, M.P.A., Widyaprada Ahli Utama

3. Gogot Suharwoto, S.Pd., M.Ed., Ph.D., Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama
comments

No comments:

Post a comment