Latest News

Wednesday, 8 January 2020

STEF RATOE OEDJOE: PERPUSTAKAAN BUKAN HANYA TEMPAT MEMBACA

Ir. Stef Ratoe Oedjoe, M.T (Foto: poskupang.tribunnews.com)

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Program baru Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT pada tahun 2020 ini adalah menjadikan perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca tetapi tempat beraktivitas. Maksudnya adalah setelah sesorang membaca dan mempelajari sesuatu di perpustakan ini, ia dapat langsung mempraktikannya. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT, Ir. Stefanus I. Ratoe Oedjoe, M.T., ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Misalnya membaca buku tentang teknik pembuatan kue atau teknik lainnya. Diharapkan setelah ia membaca langsung dipraktikkan. Aktivitas seperti ini pasti menumbuhkan dan meningkatkan keahlian seseorang, lebih dari itu dapat menunjang kebutuhan akan hidupnya. Aktivitas seperti ini sejalan dengan visi gubernur kita yakni NTT bangkit NTT sejahtera,” tuturnya.

Dirinya mengimbau semua pihak khususnya masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya untuk menyempatkan waktu mengunjungi perpustakaan dan membaca. Menurutnya, di perpustakaan seseorang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan serta informasi-informasi yang penting lainnya. Hal tersebut tegasnya, akan turut meningatkan budaya literasi di daerah ini.

“Datanglah sebanyak mungkin untuk mendapat ilmu pengetahuan, mendapat aktivitas, mendapat penelitian, bagi semua orang yang membutuhkan informasi-informasi yang berkaitan dengan kemampuan. Dengan kemampuan itu ia dapat mempraktikkannya di dalam masyarakat, sehingga dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan menambah pengetahuan dia. Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah dengan banyak kita membaca, literasi niscaya akan meningkat,” ungkapnya.

Data yang dihimpun tim redaksi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT meyebutkan, jumlah pengunjung perpustakaan daerah sepanjang tahun 2019 berjumlah 44.262 dengan rincian 4.433 anggota dan 39.829 non-anggota. Sementara jumlah keanggotan sampai dengan November 2019 sebanyak 37.398 orang dengan rincian 16.454 laki-laki dan 20.944 perempuan. (Alex Natara/red)



comments

No comments:

Post a comment