Latest News

Sunday, 12 January 2020

IBADAT AWAL TAHUN SMPN 13 KOTA KUPANG – “BERUBAH DAN BERBUAH BAGI BANYAK ORANG”


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Mengawali kegiatan pembelajaran semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020, SMP Negeri 13 Kota Kupang menggelar ibadat bersama, Jumat (10/1/2020). Ibadat yang berlangsung di Taman Baca sekolah tersebut diikuti 900 siswa ditambah para guru serta pegawai.

Ibadat tersebut dipimpin Sifera Bekak, S.Pd., dan Erna Wadu Lobo, S.Pd., guru Agama Kristen Protestan. Semenara sebagai pengkotbah adalah Naomi Linda Bora, S.Th. Dalam renungannya, Naomi mengungkapkan bahwa kedatangan Kristus untuk semua orang. Ia tidak memilih atau memilah. Ia datang untuk menyelamatkan semua orang. Ia mengajak para guru, pegawai dan peserta didik agar dengan rahmat dan sukacita Natal, maka di tahun yang baru semuanya dapat berubah dan berbuah bagi banyak orang.

“Kita harus berubah dari tahun sebelumnya, bahkan harus berbuah banyak sehingga dapat membantu dan menolong orang lain,” imbuhnya mengakhiri renungan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMP Negeri 13 Kota Kupang, Dra. Maria Theresia Rosalina Lana, menjelaskan bahwa ibadat bersama di awal tahun merupakan program wajib. Hal tersebut dilakukan secara bergantian secara Kristen Protestan dan Katolik karena jumlah siswa terbanyak di SMP Negeri 13 Kota Kupang didominasi siswa beragama Kristen Protestas dan Katolik. Oleh karena itu, ia selalu mengimbau agar segala sesutau yang berhubungan dengan kegiatan ibadat harus dipersipakan dengan sebaik-baiknya.

“Tahun ini, ibadat bersama dilakukan menurut tata ibadat Kristen Protestan. Sedangkan tahun yang akan datang dilakukan menurut tata perayaan Katolik. Karena itu, saya sudah mengimbau agar tahun depan harus dipersiapkan secara lebih baik,” ungkapnya.

Beberapa guru yang ditemui usai ibadat, mengungkapkan kesannya. Menurut Maria Russae, S.Pd., ibadat tahun ini memiliki nuasna yang berbeda. Hal ini lebih kepada tempat pelaksanaan. Hampir setiap tahun, ibadat dilaksanakan di dalam ruangan atau aula. Sedangkan tahun ini dilaksanakan di tempat terbuka.

“Kondisi ini memberi kesempatan kepada semua siswa serta guru dan pegawai dapat hadir bersama. Dan hari ini ibadat dilaksanakan dengan sukses. Semua siswa dan guru dengan hikmat mengikuti seluruh rangkaian ibadat,” demikian ungkap guru Seni dan Budaya tersebut.

Hal senada disampaikan Dra. Sulami Elisabet, Guru Bahasa Indonesia di SMPN 13 Kupang. “Tuhan berkenan, sehingga perayaan yang dilaksanakan di Taman Baca dengan cuaca bersahabat. Syukur kepada Tuhan untuk penyertaan-Nya hari ini,” tuturnya.

Sementara itu Daprosa Dailaga, S.Pd., Kepala Urusan Kurikulum SMPN 13 Kupang, mengungkapkan, “Gema Natal memang telah berlalu, tetapi kedamaiannya masih terpatri dalam hati seluruh keluarga besar SMP Negeri 13 Kota Kupang. Perayaan ibadat awal tahun 2020 setidaknya telah menggambarkan suasana batin itu. Kedamaian itu semakin menyentuh kala ibadat diakhiri dengan salam damai. Seluruh siswa dan guru serta pegawai terpaut dalam kedaimaian bersama. Damai akan memberi nuansa tersendiri dalam pembelajaran di tahun yang baru.” (Yohanes Joni Liwu, S.Pd., guru SMPN 13 Kota Kupang_Kontributor)

comments

No comments:

Post a comment