Latest News

Wednesday, 4 September 2019

OSIS SMAN 1 BORONG GELAR SEMINAR ILMIAH


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia unggul untuk Indonesia maju maka Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Borong, Manggarai Timur mennggelar seminar ilmiah dengan tema “Dinamika Indonesia dan Kontemplasi Generasi Putih Abu,” Sabtu, (30/8/2019) di halaman sekolah tersebut.

Seminar ini dihadiri oleh seluruh warga sekolah. Hadir pula Korwas SMA Kabupaten Manggarai Timur, Lukas Sumba S.Fil. Dalam arahannya, Lukas Sumba memberikan apresiasi kepada kepala sekolah, guru-guru dan pegawai, dan secara khusus kepada OSIS SMA Negeri 1 Borong yang boleh menunjukkan kompetensinya.

“Hari ini merupakan hari yang menggembirakan, kita akan menyaksikan OSIS SMA Negeri 1 Borong akan membawakan seminar dengan tema Dinamika Indonesia dan Kontemplasi Putih Abu. Pertama-tama, saya mengucapkan banyak terima kasih atas inisiatif OSIS, kebersamaan bapak kepala sekolah, para dewan guru pendamping dan OSIS SMAN 1 Borong. Ini baru kali yang kedua bagi saya selaku korwas, mengikuti dan membuka kegiatan yang berkaitan dengan seminar ilmiah yang diselenggarakan oleh OSIS. Yang pertama kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh OSIS seminari Pius XII Kisol dan yang kedua di SMAN 1 Borong dan mungkin di NTT, mari kita perlu memberi apresiasi,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, sebagai persyaratan agar ujian kenaikan kelas dan sebelum ujian nasional setiap siswa wajib membuat karya tulis ilmiah. Setiap siswa wajib mengembangkan diri untuk menulis karya tulis ilmiah. Selain dikumpulkan, tulisan-tulisan ilmiah dapat ditempel pada majalah dinding sekolah. Majalah dinding merupakan wadah yang tepat bagi siswa untuk mempublikasikan tulisannya. Selain siswa, dirinya juga mengajak guru-guru untuk membuat majalah dinding guru. 

“Saya bangga ketika masuk di sini melihat majalah dinding siswa yang penuh dengan tulisan. Tulisan-tulisan mereka sangat bagus. Terima kasih karena literasi di SMAN 1 Borong sudah berjalan bagus setelah mendapat pendampingan literasi dari Media Pendidikan Cakrawala NTT. If you don’t change you haved dead, jika kamu tidak berubah maka kamu akan mati. Hari ini kita sudah memulai. Namun, saya belum melihat ada majalah dinding guru yang terpajang. Setelah ini harus ada mading guru, jangan melihat itu sebagai hal yang kecil dan sepele,” tegasnya.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Borong, Ferdinandus Fifardin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar yang diselenggarakan oleh OSIS merupakan buah dari semangat kemerdekaan ke-74 RI yakni menciptakan sumber daya manusia ungul demi Indonesia maju.  Ini juga, tuturnya, buah dari pendampingan literasi oleh Media Pendidikan Cakrawala NTT.

“Syukur karena kita biasa menyelenggarakan kegiatan ilmiah ini. Pertama kami ucapkan terima kasih kepada OSIS SMAN 1 Borong yang telah berinisiatif melakukan kegiatan ini. Tentu tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pembina OSIS, para guru, pegawai yang telah merancang kegiatan bersama pada hari ini berjalan sukses. Seminar ini bertujuan mewujudkan kecintaan kita pada NKRI. Kita bersyukur karena boleh menikmati kemerdekaan ini dengan damai,” katanya.

Ketua OSIS SMAN 1 Borong, Ian Jemadu, yang juga merupakan salah satu pemateri dalam seminar, kepada media ini mengaku bersyukur karena bisa mewakili teman-teman membawakan materi seminar di hadapan korwas, para kepala sekolah, guru-guru dan siswa/i se-Kecamatan Ranamese.

“Seminar ini adalah salah satu bentuk keseriusan dan bentuk semangat dari kami generasi putih abu dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju. Semoga seminar ini juga dapat membangkitkan semangat siswa/i untuk lebih mencintai dan mengenal Indonesia dalam segala bidangnya,” tuturnya. (Ino Sengkang/red)


comments

No comments:

Post a Comment