Latest News

Thursday, 5 September 2019

MAKSI MASAN KIAN TERPILIH SEBAGAI PESERTA RESIDENSI TERBAIK 2019


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM – Maksimus Masan Kian, Ketua Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Cabang Kabupaten Flores Timur, terpilih sebagai Peserta Residensi Penggiat Literasi Terbaik Tahun 2019. Atas raihan prestasi ini, Ia diundang khusus untuk mengikuti Festival Literasi Indonesia Tahun 2019 sekaligus menerima penghargaan yang digelar di Swiss Belhotel Makasar, Kamis (5/9/2019) – Minggu, (8/9/19).

Kepada media ini, Maksi menuturkan, sebelumnya pada Bulan Juli 2019, diadakan kegiatan Residensi Penggiat Literasi di sembilan tempat se-Indonesia. Penyelenggara dan narasumber kegiatan Residensi selanjutnya melakukan penilaian berdasarkan keaktifan peserta, gagasan inovatif yang disampaikan, tulisan yang dihasilkan dan publikasi yang dilakukan oleh peserta.

"Selama kegiatan Residensi, kami tidak disampaikan akan ada penilain peserta terbaik. Apalagi syarat peserta terbaik, tidak ada penyampaian tentang hal ini. Keikutsertaan kami dalam kegiatan Residensi, mengalir begitu saja. Saya waktu itu, mendapat lokasi kegiatan Residensi di Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Ternyata, ada penilain yang dilakukan oleh penyelenggara. Saya tidak menduga terpilih sebagai Peserta Terbaik Peserta Residensi 2019," kata Maksi.

Lanjut Maksi, "Saya bangga mendapat banyak ruang belajar seputar dunia literasi di tahun 2019. Setiap momentum menciptakan jejaring baru, pengalaman baru, dan banyak hal baru yang inspiratif. Ruang saling belajar begitu terbuka. Saling berbagi, menguatkan, mendukung dan menginspirasi dalam gerakan bersama menjadi asupan yang bergizi mendukung perjuangan. Syukur untuk setiap kesempatan baik, yang dapat saya peroleh."

Festival Literasi Indonesia Tahun 2019, diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hadir sebagai peserta terdiri dari beberapa kategori diantaranya; Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreatif -Rekreatif, Pemenang Lomba Menulis Praktek Baik Literasi Masyarakat, Pemenang Lomba Video Literasi Masyarakat, Pemenang Lomba Foto Literasi Masyarakat, Forum TBM, Forum Tutor, Penyelenggara Residensi 2019, Peserta Residensi Terbaik 2019, Pengelola TBM Sulawesi Selatan, Forum TBM Wilayah Propinsi, dan Penggiat Wilayah.

Selain Maksi Masan Kian, delapan peserta lain yang terpilih sebagai Peserta Residensi Terbaik 2019 diantaranya, Atet Awaludin (Badung, Bali), Apip Kurniadin (Garut, Jawa Barat), Sofia Ulfa (Ngajuk Jawa Timur), Joana Maria Zettira Da Costa (Kota Yogyakarta), Taufik Hidayatullah (Serang, Banten), Jayanti (Surabaya, Jawa Timur), Laulatul Maulidia Rahma (Serang, Banten), dan Arwin Anindyka (Kota Malang, Jawa Timur).

Adapun kegiatan yang digelar dalam rangkaian Festival Literasi Indonesia Tahun 2019 di antaranya; FLI Goes to campus, Ngopi Bareng Proses Kreatif Pemenang Lomba Foto dan Video Literasi Masyarakat, Workshop Menulis Puisi dan Cerpen, Talkshow Praktek Baik Pemerintah Daerah (Pemda) Terkait Kebijakan dan Inplementasi Literasi Masyarakat, Talkshow Gerakan Literasi Masyarakat, Bedah Buku Residensi Penggiat Literasi 2019, Aksi dan Pengelaran Literasi, Advokasi Literasi Masyarakat, Ragam Budaya Lokal dalam Penguatan Literasi Masyarakat, dan Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI). (red)

comments

No comments:

Post a Comment