Latest News

Thursday, 22 August 2019

SMAN 1 HAHAR WAJIBKAN PESERTA DIDIK MENULIS KARYA ILMIAH


Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM – Mulai Tahun Ajaran Baru 2019/2020, SMAN 1 Hahar, Kabupaten Sumba Timur, mewajibkan peserta didiknya untuk menulis karya ilmiah sebagai salah satu syarat kenaikan kelas dan syarat mengikuti ujian nasional (UN). Hal ini disampaikan Kepala SMAN 1 Hahar, Lodu Namuronja, S.Pd., dalam kegiatan Bimbingan Teknis Literasi Baca-Tulis bagi Siswa SMAN 1 Hahar, Rabu (21/8/2019). Menurutnya, langkah ini merupakan bentuk nyata dukungan sekolah terhadap Gerakan Literasi Nasional yang telah digaungkan pemerintah sejak tahun 2016.

“Karena itu harapan saya, peserta yang dipilih ini dapat mengikuti kegiatan secara baik. Dalam kegiatan ini kalian akan mendapat hal-hal penting yang menjadi bekal untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang membaca dan menulis. Harapan saya, dari kegiatan ini peserta dapat belajar untuk bisa menjadi pribadi yang dapat membaca, dapat menulis, dan juga dapat mengerti apa yang dibaca, apa yang ditulis,” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya meminta peserta yang mengikuti kegiatan untuk dapat menjadi penggerak literasi bagi teman-teman lain, baik di kelas maupun dalam lingkungan sekolah secara umum. Literasi, tegasnya, merupakan program yang wajib dijalankan di setiap satuan pendidikan. Karena itu, pihaknya telah menjadikan literasi sebagai salah satu perhatian utama dalam program tahunan sekolah.

Bimbingan Teknis Literasi Baca-Tulis bagi Siswa SMAN 1 Hahar, berlangsung selama dua hari, diikuti 40 peserta yang merupakan perwakilan setiap kelas, serta dua orang guru Bahasa Indonesia sebagai pendamping. Sementara tim narasumber yakni Nimrot Ndjukambami, S.Pd (Ketua MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur/Formator Cakrawala NTT wilayah Sumba), dan Robert Fahik, M.Si (Pemimpin Redaksi Cakrawala NTT). (red)

comments

No comments:

Post a Comment