Latest News

Monday, 22 April 2019

TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN, DINAS P & K MANGGARAI TIMUR GELAR MGMP


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Kabupaten Manggarai Tumur, Senin (15/4/2019) hingga Selasa (16/4/2019) menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dapat menjadi bahan kajian dan pengembangan keilmuan administrasi pendidikan dan menekankan profesionalisme guru dalam menyajikan perangkat pembelajaran yang menarik dan mengesankan bagi peserta didik.

Kegiatan yang berlangsung di Wisma Arnoldus Yansen Kisol, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai Timur Andreas Agas, S.H., M.Hum., dan dihadiri oleh ratusan guru tingkat SMP se-kabupaten Manggarai Timur, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Drs. Basilius Teto.

Di hadapan para guru, Bupati Andreas menekankan kualitas pendidikan dan profesionalitas guru sebagai obor untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Kualitas pendidikan yang maksimal, tergantung dari profesionalitas guru sebagai benteng terakhir mencerdaskan anak bangsa,” tegasnya.

Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Kependidikan (PTK), Matias Mingga, S.Pd., kepada media ini menjelaskan, Ujian Kompetensi Guru (UKG) mata pelajaran IPA dan IPS belum mencapai target standar. Hal tersebut dilihat dari penilaian kompetensi yang belum mencapai nilai standar yakni 80,00. Dirinya berharap, melalui kegiatan ini tingkat profesionalitas guru mencapai standarisasi pencapain yang ditargetkan melalui pembekalan, pendidikan dan pelatihan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, guru itu dibekali pengetahuan dan keahlian sehingga dapat menerapkan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL), yang mengaitkan materi dengan konteks pribadi, sosial dan kultural dalam kehidupan sehari-hari.”

Narasumber dalam kegiatan MGMP didatangkan dari Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu pendidikan (STKIP) St. Paulus Ruteng yakni Dr. Marsel Ruben Payong, M.Pd., dan Hironimus Wejang, M.Pd. (Ino Sengkang)

comments

No comments:

Post a Comment