Latest News

Thursday, 11 April 2019

PELAKSANAAN USBN SMPN 16 HINGGA HARI KEEMPAT BERJALAN LANCAR

Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang berlangsung serentak yang dimulai semenjak hari Senin (8/4/2019) hingga pada hari ini memasuki hari yang keempat, Kamis (11/4), berjalan lancar tanpa kendala. 

Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia USBN, Maria Kr. Pasenila, S.Pd. Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan bahwa sesuai dengan  jumlah peserta yang seharusnya mengikuti ujian pada tahun ini sebanyak 224 siswa.  Semenjak hari pertama hingga hari yang keempat, ada 6 peserta yang tidak ikut dikerenakan sakit. Oleh karena itu, total siswa SMP Negeri 16 yang ikut sebanyak 218 siswa.

Terkait dengan 6 orang yang tidak sempat ikut ujian itu, Pasenila menerangkan bahwa mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan. Karena itu ia  berharap agar ada kerjasama dengan orang tua atau wali murid agar peserta yang belum mengikuti ujian bersama, bisa mengikuti ujian susulan mendatang.

Pasenila mengatakan bahwa pelaksanaan Ujian pada tahun ini masih menggunakan KTSP.

“Ini tahun terakhir untuk kelas IX yang mengikuti ujian yang masih menggunakan KTSP. Pada tahun mendatang semuanya sudah melaksanakan USBN maupun UN dengan K-13,” kata Pasenila.

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan bahwa ada 2 sekolah lain yang menitipkan pesertanya untuk melaksanakan ujiannya di SMPN 16 Kupang.  Dua sekolah tersebut yaitu SMP Surya Mandala dengan jumlah peserta ujian sebanyak 16 orang dan SMP Timpolmas  sebanyak 12 orang.

Mengenai jadwal ujian, ia menjelaskan bahwa pada pelaksanaan USBN ini dalam satu hari ada dua mata pelajaran yang diujikan kepada peserta. Ini berbeda untuk hari terakhir ujian yakni di hari Sabtu yang hanya satu mata pelajaran yaitu TIK.

Pasenila berharap agar para peserta bisa mengikuti ujian dengan baik hingga hari terakhir. Kepada orang tua maupun wali murid, ia menghimbau agar mampu mengontrol para anak-anak karena setelah USBN para siswa juga akan mengikuti UN yang akan terlaksananya pada tanggal 23-26 April mendatang.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 16 Kupang, Gregorius E. Karmin, yang ditemui di ruang kerjanya  mengatakan bahwa pelaksanaan USBN dari hari pertama hingga hari ini semuanya berjalan dengan lancar, aman, dan terkendali. Dirinya juga kembali menegaskan bahwa ada 6 orang yang tidak mengikuiti ujian karena alas an sakit.  Oleh karena itu, dirinya akan berupaya untuk mengikutsertakan mereka pada ujian susulan nantinya. Menurut Karmin, keenam siswa itu masih anak-anak dan tidak layak jika mereka putus sekolah.

“Kita akan terus berupaya dan koordinasikan dengan orang tua wali mereka untuk mengikutsertakan anak-anak tersebut,” kata Karmin.

Karmin menjelaskan bahwa kedua sekolah yang dititipkan di SMP Negeri 16 karena belum diizinkan untuk mengadakan ujian sendiri di sekolahnya.  Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang mengarahkan untuk dititipkan pada sekolah yang terdekat.

Kepala  sekolah yang baru saja menjabat kurang lebih tiga bulan ini mengungkapan bahwa dirinya menginginkan kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa maupun orang tua siswa. Sebagai pimpinan, dirinya bertekad untuk merangkul semua yang ada tanpa tebang pilih.

Dirinya juga mengatakan bahwa selama kehadirannya di sekolah ini, ia berusaha membangun relasi  yang baik antara guru, pegawai, dan juga siswa sehingga nuansa keakraban menjadi sangat kondusif.

Karmin berharap agar pelaksanaan USBN pada tahun ini berjalan dengan baik.  Ia pun kembali mengingatkan para siswa untuk menjaga kesehatan karena setelah USBN para siswa akan melaksanakan UN.  (LZ/RZ)
comments

No comments:

Post a Comment