Latest News

Tuesday, 26 March 2019

IWAPI Gelar UMKM MILENNIAL EXPO 2019

Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Dalam rangka HUT ke-44 IWAPI, IWAPI NTT bersama Beta Peduli, M2 Reborn Event Organize, dan Lippo Plaza Kupang mengadakan “UMKM Millenial Expo 2019”. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari penuh sejak tanggal 27–31 Maret 2019, dengan mengadakan kegiatan UMKM Expo dan Panggung Hiburan bertempat di Atrium Lippo Plaza Kupang.

Tujuan dibuatnya event ini adalah untuk merayakan HUT ke-44 IWAPI dan HUT Lippo Mall Indonesia. UMKM Millennial Expo 2019 yang bertema “Kupang Kota Kreatif” ini memiliki tujuan utama yakni untuk mendorong UKM-UKM yang ada di NTT untuk ikut bersaing dalam persaingan pasar modern dalam era industri 4.0.

Selain itu,kegiatan ini juga bertujuan memberikan ruang kepada UKM-UKM untuk lebih percaya diri memamerkan dan menjual karya kreativitas demi pengembangan usaha dan kesejahteraan. Kurang lebih 28 Stand UKM dari beberapa daerah di NTT seperti Kota Kupang, Maumere, Manggarai, TTU, TTS dan daerah lainnya turut mengambil bagian dalam event ini.

Ketua Umum DPD IWAPI NTT, Inche Sayuna, mengatakan bahwa Iwapi sebagai wadah berhimpun para pengusaha perempuan Indonesia memiliki tanggung jawab untuk membantu anggotanya yang mayoritas adalah UMKM dan UKM. Karena itu, IWAPI bekerjasama dengan berbagai pihak untuk peningkatan SDM para pengusaha perempuan.

Lanjut Inche, IWAPI berharap pemerintah mendukung upaya-upaya pengembangan UMKM dengan menjamin kepastian hukum, meniadakan pungutan-pungutan tak jelas yang meningkatkan biaya produksi dan menurunkan suku bunga bank.

“Dalam rangka HUT IWAPI yang ke-44 maka IWAPI NTT menggelar acara ini untuk memberdayakan perempuan UMKM 4.0 untuk mewujudkan pembangunan ekonomi berkeadilan dan berkelanjutan. Kami berharap melalui kegiatan ini anggota IWAPI NTT harus peka terhadap kemajuan teknologi dalam memasarkan produknya di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan mendorong untuk standarirasi nasional,” jelas Inche.

Sementara itu,  dr. Herawati Lianto, Ketua Panitia HUT ke-44 IWAPI mengatakan bahwa guna merayakan HUT IWAPI yang jatuh pada tanggal 11 Februari, pihaknya mengadakan beberapa rangkaian acara.

“Salah satu acara yang telah dilaksanakan adalah Syukuran Natal bersama IWAPI dengan teman-teman Lembaga Pemasyarakatan Wanita pada 15 Januari 2019 lalu. Rangkaian acara HUT IWAPI selanjutnya yang khususnya dirayakan tanggal 30 Maret 2019 nanti mengambil tema Wanita Cantik, Wanita Sehat, Wanita Berkarya,” terang Herawati.

Baginya, wanita saat ini harus memiliki daya juang yang tinggi dan dituntut untuk dapat berkarya dalam bidang apapun. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu yang menunjang karir seorang wanita adalah menjadi wanita cantik.

“Saya percaya bahwa setiap wanita itu cantik. Cantik dalam hal ini tidak hanya berbicara jasmani tetapi juga rohani. Cantik itu perlu karena membangun rasa kepercayaan diri dalam aktivitas sehari-hari bahkan dalam dunia karirnya. Jika rasa  kepercayaan diri muncul, dampaknya tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi berdampak besar bagi keluarga, bahkan dalam usaha dan karir.

Lebih lanjut, Herawati menjelaskan, kesehatan juga merupakan penunjang di balik keberhasilan seorang Wanita. Di tengah kesibukan-kesibukan dalam rumah tangga maupun pekerjaan, tubuh, jiwa, dan pikiran yang sehat dibutuhkan agar wanita dapat berkarya secara excellent dalam karirnya.

“Dengan diadakannya acara ini, kami berharap semakin tinggi kesadaran dari setiap pengusaha wanita yang hebat, untuk tetap berkarya juga menjaga kecantikan dan kesehatan dalam perannya sebagai wanita di manapun dia berada,” harap Herawati.

Koordinator event UMKM Millenial Expo 2019, Ferdrian P.B Ngongo yang akrab disapa Ryan Ngongo mengatakan, event ini laksanakan selama lima hari penuh dengan berbagai acara hiburan.

“Hari pertama dan kedua kita bekerjasama dengan Kimia Farma mengadakan lomba mewarnai dan daily look make up competition. Kemudian hari ketiga kita bekerjasama dengan TVRI mengadakan acara Musik Asik yang didukung oleh Komunitas KTP (Kupang Titip Pesan), hari keempat bersama IWAPI NTT kita mengadakan acara HUT IWAPI ke-44 yang akan dihadiri ibu Walikota Kupang dan sebagai closing acara kita bekerjasama dengan STAKN Kupang Program Studi Musik Gerejawi mengadakan Pentas Seni Musik Tradisional-Kontemporer,” jelas Ryan Ngongo. (LZ/RZ)
comments

No comments:

Post a Comment