Latest News

Thursday, 31 January 2019

SMAN 2 Cibal Selenggarakan UNBK Perdana

Manggarai, CakrawalaNTT.com - Untuk mendukung lembaga pendidikan yang handal dan professional, pihak SMAN 2 Cibal siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Mengingat UNBK tahun ini merupakan kegiatan perdana,tentunya banyak keterbatasan yang dialami seperti  sarana komputer dan server. Namun kerja keras dan semangat para guru serta komite di lembaga pendidikan pedalaman Kabupaten Manggarai ini tepatnya di Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat  tidak pernah kendur.  Seluruh kompoten sekolah baik guru, pegawai dan komite bekerjasama dan sama-sama bekerja menyukseskan kegiatan ini. Selain itu adanya kerjasama dan dukungan dari sekolah lain khususnya dari SMPN 1 Cibal yang bersedia untuk dijadikan tempat penyelenggaran kegiatan UNBK perdana ini. Hal ini disampaikan Kepala SMAN 2 Cibal, Yustus Berahi, S.Ag kepada Cakrawala NTT disela-sela kegiatan simulasi tersebut, Kamis (31/1/19). 

Yustus Berahi, S.Ag
Menurut Yustus, pemilihan lokasi SMPN 1 Cibal sebagai tempat penyelengaraan kegiatan UNBK, didasari atas pertimbangan keterbatasan sarana komputer dan laptop serta jangkauan kekuatan sinyal telkomsel di lokasi SMAN 2 Cibal yang tidak mamadai. Karena itu, walau jaraknya sangat jauh, pihaknya memilih SMPN 1 Cibal untuk kegiatan UNBK ini. Ia menambahkan, semangat dan keberaniannya untuk memulai kegiatan ini karena selain himbauan pemerintah untuk semua SMA/SMK se-Provinsi NTT untuk segera menyelanggarakan UNBK, tetapi juga ingin menghapus anggapan banyak orang yang selalu melihat keterbatan sarana dan prasana sebagai kendala utama maju khususnya dalam hal memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan. 

“Saya selaku kepala sekolah, ingin membangkitkan rasa optimis para guru, orangtua dan peserta didik bahwa keterbatasan infrastruktur jalan, fasilitas pendidikan dan sarana-prasarana penunjang lainnya bukanlah penghambat untuk kita terus maju dan berjuang. Kita harus menghapus stigma bahwa sarana dan prasarana adalah penghambat utama untuk kita berinovasi. Kita tunjukan kepada semua orang kalau kita bisa. Kita tidak boleh tertinggal dengan sekolah lain. Oleh karena itu saya menyampaikan terima kasih kepada pihak SMPN 1 Cibal yang bukan hanya bersedia menjadi tempat penyelenggaran UNBK tahun pertama ini tetapi juga mau memberi belasan unit computer untuk dipakai peserta UNBK. Selain itu, terima kasih juga kepada SMPN 2 Cibal yang juga bersedia memberikan beberap unit komputer untuk mendukung keguatan ini. Kami ingin memberi bentuk di tahun pertama ini dan Pastor Paroki Kristus Raja Pagal yang telah menyiapkan tempat penginapan bagi peserta UNBK tahun ini. Mari kita membangun kerjsama yang baik. Lebih baik memulai walau dalam keterbatan daripada diam di tempat dan akhirnya tertinggal banyak hal,” tandas Yustus. 

Ketika ditanya, apa harapan sekaligus target yang ingin dicapai dari kegiatan UNBK perdana ini. Alumnus STKIP Ruteng ini tidak ingin berharap terlalu tinggi. Kelancaran dan kesuksesan kegiatan UNBK adalah harapan utamanya. Peserta didik harus dibiasakan dengan kemajuan dan perkembangan pengetahuan di bidang teknologi dan informasi. Oleh karena itu ia berharap dukungan semua pihak khususnya pemerintah untuk menambah perlengakapan sarana dan perasana khususnya laboratorium komputer, dan tower repiter atau indosat. 

Wilhelmus Ranus, selaku proktor kegiatan UNBK ini menjelaskan bahwa selama kegiatan simulasi berlangsung semuanya berjalan lancar walau sesekali volutase/daya listrik tidak stabil membuat sistem jaringan computer terganggu. Namun pihak sekolah tetap menyiapkan generator sebagai cadangan. Keseluruhan jumlah peserta UNBK dari SMAN 2 Cibal berjumlah 140 orang dengan rincian kelas IPA berjumlah 17 orang, kelas Bahasa  berjumlah 20 orang dan kelas IPS berjumlah 103 orang. Selama empat hari kegiatan try out/simulasi, semua peserta UNBK menginap di aula Pastoran Paroki Kristus Raja Pagal dan Biara St. Yosep OFM Pagal. (GR)
comments

No comments:

Post a Comment