Latest News

Sunday, 20 January 2019

OSIS SMPN Satap Munde Launching Mading

 
Manggarai Timur, CakrawalaNTT.com - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN SATAP Munde  resmi launching Mading (Majalah dinding). Kehadiran Mading OSIS ini bertujuan mengembangkan potensi dan kreatifitas tanpa batas bagi siswa-siswi untuk membiasakan diri menulis dan membaca. Hadir pada acara launching Alex Sale SH. SM. kepala sekolah, Yohanes A. Anggal S.Pi. Kaur Kesiswaan, Ino Sengkang S.Fil., serta para guru dan siswa. Kegiatan tersebut berlangsung di SMPN SATAP MUNDE, Desa Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggrai Timur, Sabtu (19/01/09)

Alex Sale S.H. SM. menjelaskan bahwa sebelum ada Gerakan Literasi, siswa-siswi hanya belajar bersama,  belajar kelompok malam, dan belajar sore di sekolah. Ia mengakui bahwa kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi generasi sekarang.  

“Sesungguhnya anak-anak memiliki potensi. Selama ini bimbingannya masih kurang. Karena itu,  kami warga sekolah, guru-guru dan murid diharapkan dengan kegiatan pengembangan diri, mereka diberi pembekalan dan nanti akan muncul satu motivasi untuk mereka bisa menulis ke depan. Selanjutnya angkatan-angkatan berikut kelas VII karena sudah termotivasi oleh kakak-kakak mereka biarkan ini menjadi sebuah kebiasaan dan malah menjadi kewajiban,” tegas Alex Sale. 

Alex Sale sangat bersyukur atas diadakannya kegiatan pelatihan ini. Di hadapan para guru dan siswa-siswi, Alex mengucapkan terima kasihnya kepada Cakrawala NTT. 

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Media Pendidikan Pendidikan Cakrawala NTT yang meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan seputar dunia literasi,  membimbing siswa-siswi SMPN Satap Munde walaupun hanya sehari, “ ungkapnya. 

Ino Sengkang, Formator Wilayah VII Manggarai Raya Media Pendidikan CAKRAWALA NTT mengatakan bahwa Mading merupakan salah satu media komunikasi tulis di sekolah. Potensi dan kreatifitas siswa-siswi diekspresikan melalui mading. Oleh karenannya, kehadiran mading OSIS menjadi sarana berkreatifitas dalam mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa-siswi. 

“Kehadiran saya ingin berbagi pengetahuan, peduli dengan generasi-generasi di sekolah ini tentang bagaimana menulis-membaca. Melatih menulis dari hal-hal yang paling sederhana dan dari hal-hal yang paling dekat. Hari ini mereka telah melahirkan karya sendiri dan aksi nyatanya langsung terbitkan Mading. Walaupun hanya didampingi 60 menit. Selanjutnya mereka akan berlatih terus dalam buku harian. Saya yakin siswa-siswi di SMPN SATAP MUNDE mampu berkreasi,” ungkap Ino. 

Kaur Kesiswaan, Yohanes A. Anggal S.Pi. menyampaikan terima kasih karena OSIS mendapat banyak hal baru tentang menulis. Ia pun berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan seperti ini.

“Untuk kepentingan siswa-siswi, ke depannya kegiatan ini tidak stop di sini saja karena saya yakin anak-anak di sini masih membutuhkan bimbingan,” tuturnya. 

Selanjutnya pembina OSIS, kepada Pengurus OSIS menghimbau agar terus menulis. Dia juga berharap agar kegiatan menulis sudah menjadi bagian dari keseharian mereka. Ia pun berharap kepada seksi-seksi yang ada di OSIS untuk terus giat melaksanakan apa yang sudah dimulai pada hari ini

“Sebagai pembina OSIS di sini, ke depannya kami bersama setiap bulan akan terbitkan Mading OSIS. Menjadi  OSIS harus aktif, harus menunjukkan teladan, serta memotivasi teman-teman untuk menulis,” tegas Yanto. 

Yohana Eflinda Nase (Ketua OSIS), Apolonia Melania Ndea (Wakil Ketua), Natanael Diaseno (Sekretaris), Kastiyo M. Dequirino & Margareta N. Darmin (Bendahara) bersama ratusan siswa-siswi kelas VII dan VIII bergembira ria saat ada kunjungan dari Media Pendidikan CAKRAWALA NTT. Mereka tampak antusias untuk mendengarkan materi menulis hingga aktif menulis. Dalam waktu satu jam mereka mampu menghasilkan berbagai jenis tulisan seperti puisi, Diary, dan profil biografi. (IS/rz)
comments

No comments:

Post a Comment