Latest News

Thursday, 9 August 2018

SMKN 7 Kupang Gelar LDKS bagi Siswa Baru

Kota Kupang, CakrawalaNTT.com – Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan berbagai nilai positif dalam diri siswa, SMK Negeri 7 Kupang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi para siswa baru. Kegiatan itu diikuti oleh 104 siswa baru SMKN 7 dan berlangsung selama seminggu sejak Senin (6/8/2018) dan akan berakhir pada Sabtu (11/8/2018). Seluruh kegiatan terpusat di kompleks Mako Lantamal VII, Kupang. 

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), sistem bela negara, kesamaptaan, empat pilar kebangsaan, pengenalan kurikulum sekolah, kurikulum gerakan pramuka, pengenalan diri, gerakan literasi sekolah, pengenalan kehidupan kapal, olahraga air, dan pembinaan rohani. 

Patrisius Leu, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan
SMKN 7 Kupang
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 7 Kupang, Patrisius Leu, yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan cara sekolah menyiapkan siswa agar dibentuk sesuai dasar pendidikan SMKN 7 Kupang yang berfokus kepada bidang kemaritiman. Selain itu, dengan LDKS ini siswa mempunyai jiwa kepemimpinan ketika menjalani pendidikan di SMKN 7 Kupang dan bergabung dalam organisasi OSIS, Pramuka, dan Korps Batalyon. 

“Ada nilai-nilai yang nanti didapat setelah satu minggu kegiatan ini, seperti karakter kepemimpinan, disiplin, kerjasama, cinta tanah air, semangat belajar, kepekaan sosial. Selain itu, kegiatan juga diarahkan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan bidang keahlian khusus di bidang kemaritiman sebagai ciri khas dari SMKN 7 Kupang, ” ungkap Patris. 

Berdasarkan pantauan Cakrawala NTT pada Kamis (9/8/2018), para siswa dengan rambut dipotong pendek mengenakan seragam berupa kaos berlengan panjang dan celana training terlihat antusias mengikuti kegiatan PBB yang dipandu oleh beberapa anggota TNI AL di pinggir pantai yang bersebelahan dengan area Lapangan Tembak Lantamal VII Kupang. 

Mohammad Bintang, peserta LDKS
Mohammad Bintang, salah satu siswa, mengaku senang mengikuti rangkaian kegiatan LDKS. Menurutnya, kegiatan ini membina mental dan fisiknya sehingga bisa menjadi pribadi yang tangguh. Apalagi, Bintang sendiri mempunyai cita-cita menjadi seorang polisi. 

Hal serupa disampaikan Hartini Anjelia Funome dan Charles Meikel Efantri Lolu. Keduanya merasa senang karena selain fisik, mental, dan jiwa kepemimpinan, ada rasa kebersamaan dalam suka dan duka dengan teman-teman dalam LDKS ini. Mirip dengan Mohammad Bintang, kedua siswa ini bercita-cita menjadi anggota TNI. Karena itu, LDKS ini dan iklim pendidikan di SMKN 7 Kupang yang berbau militer dirasa cocok untuk mewujudkan mimpi mereka. 

Saleh Fahrisal, Kepala Urusan Jasa Maritim, 
Dispotmar Lantamal VII Kupang
Sementara itu, Kepala Urusan Jasa Maritim, Dispotmar Lantamal VII Kupang, Saleh Fahrisal, mewakili Kadisnya, mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan SMKN 7 Kupang sejak beberapa tahun belakangan untuk membantu membentuk mental dan fisik siswa-siswi dalam berbagai kegiatan seperti dalam LDKS ini. 

Muatan kegiatan dalam LDKS ini, menurut Saleh, akan melatih jiwa kepemimpinan, motivasi belajar, rasa tanggung jawab, kedisiplinan, tata tertib, rasa kebersamaan, saling menghormati, dan rasa hormat pada jerih payah orang tua. Misalnya, dalam kegiatan PBB, siswa dilatih untuk displin dan tertib. 

“PBB adalah dasar untuk mengubah mental mereka karena di dalamnya kita melatih mereka untuk displin dan tertib. Ini akan berguna ketika mereka menjalani pendidikan. Contohnya disiplin mengikuti pelajaran dan aturan yang ada di sekolah, disiplin diri, sehingga mereka bisa berhasil dalam pendidikan dan kehidupannya,” ujar Saleh. 

Saleh juga berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi siswa dalam menjalani pendidikan dan kehidupan sehingga dapat menjadi manusia yang unggul. “Kegiatan semacam ini kami harapkan mengubah mental para siswa dari yang kurang baik menjadi lebih baik sesuai semangat Gerakan Revolusi Mental yang digagas oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ungkap Saleh. (ens)
comments

No comments:

Post a Comment