Latest News

Tuesday, 12 June 2018

TK MITRA LASIANA KUPANG GELAR PELEPASAN SEKALIGUS PERPISAHAN BAGI 16 PESERTA DIDIK


Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Pelepasan dan perpisahan 16 peserta didik  digelar TK Mitra Lasiana Kupang, Selasa (12/6/2018). Kegiatan ini berlangsung di Gereja Lahairoi Tuaksabu Lasiana, Jln.Timor Raya, Kel.Lasiana, Kec.Kelapa Lima, Kota Kupang.

Kegiatan pelepasan ini dilaksanakan dengan sederhana namun disambut meriah.  Dalam pelepasan serta perpisahan ini anak-anak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Acara diawali dengan menyanyikan  beberapa lagu, di antaranya lagu Oh Tuhanku, ‘Terima kasih Tuhan, dan Terima Kasih Guru yang dinyanyikan oleh peserta didik.

Kepala TK Mitra Lasiana, Soni Aplonia Rafael, S.Pd. dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih kepada para orang tua, pihak Gereja, yayasan, dan semua pihak yang selalu mendukung dalam proses KBM di TK Mitra. Ia secara khusus berterima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dibimbing di TK Mitra.

Rafael juga mengatakan bahwa TK Mitra Lasiana ini merupakan salah satu TK Kristen yang bernaung di bawah Yayasan Prisqila. Walaupun demikian, TK Mitra tidak hanya menerima siswa-siswi yang beragama Kristen. TK Mitra terbuka untuk siapa saja, agama apa saja. Pada pelepasan 16 peserta didik ini juga ada yang beragama Muslim.

Rafael juga mengatakan bahwa jumlah peserta didik yang ada di TK Mitra ini sebanyak 18 tetapi yang dilepaskan hanya 16 orang, dua anak lainnya belum cukup umur. 16 peserta didik yang dilepas pada hari ini rata-rata sudah mengenal abjad  dan sudah bisa menulis serta membaca.

Terkait dengan liburan yang panjang ini, Rafael meminta kepada semua orang tua untuk memperhatikan anak-anak di rumah agar terus belajar.

“Pendidikan anak bukan saja tugas guru tetapi juga merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama yaitu orang tua, guru, dan masyarakat pada umumnya,” tegas Rafael.

Pada kesempatan itu juga Rafael mengumumkam bahwa penerimaan peserta didik baru telah dibuka, untuk itu ia menghimbau kepada semua warga masyarakat yang ada untuk mendaftarkan anak-anak.

Rafael juga menyampaikan permohonan maaf dari pihak sekolah kepada semua pihak. Di akhir sambutannya Rafael mengucapkan selamat jalan untuk 16 peserta didik.

“Kami juga memohon maaf kepada orang tua siswa, pihak Gereja, serta masyarakat jika dalam menjalankan proses KBM selama satu tahun ini ada hal-hal yang kurang berkenan. Saya juga mengucapkan selamat jalan bagi 16 anak yang telah menamatkan diri di TK Mitra ini. Kami berharap agar anak-anak yang telah dilepaskan dari TK Mitra ini dapat melanjutkan sekolah mereka ke tingkat SD,” kata Rafael.

Matheos Kuas dalam sambutannya mewakili orang tua murid 16 siswa tersebut mengungkapkan rasa terima kasih mereka bagi para guru.

“Tidak ada sesuatu yang berharga yang kami mau berikan kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengarahkan anak-anak kami yang telah kami titipkan selama satu tahun ini, namun yang bisa kami berikan hanyalah Doa dan ucapan terima kasih untuk para guru,” ungkap Matheos.

Lebih lanjut, Matheos mengatakan bahwa profesi guru sangat mulia karena gurulah yang dapat mengubah seseorang menjadi baik. Ia juga mewakili para orang tua menyampaikan permohonan maaf mereka.

“Sekarang saya bisa berdiri di hadapan orang tua dan para guru yang ada, ini semua karena berkat dan jasanya guru. Oleh karena itu, atas nama orang tua, kami memohon maaf jika selama satu tahun ini ada sikap dan tingkah kami dari orang tua serta anak-anak yang kurang berkenan dihati para guru,” kata Matheos.

Matheos mengatakan bahwa sebagai orang tua merasa terharu ketika melihat anak-anak bisa tampil di depan walaupun hanya dengan bernyanyi. Baginya, itu merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Matheos mengatakan pula bahwa para orang tua akan terus mendoakan para guru di TK Mitra ini agar apapun yang digumuli serta apapun yang direncanakan dapat terwujud.

Acara pelepasan serta perpisahan ini diakhiri dengan doa syukur bersama yang dipimpin oleh Pdt. Alfred Samuel Waang Sir,S.Th.  (Lenzho/Rezo)











comments

No comments:

Post a Comment