Latest News

Saturday, 2 June 2018

Star Udju Edo: Laksanakan Isi Dasa Dharma - Penutupan Kegiatan Perkemahan Akhir Semester SMPN 1 Kupang Timur


Star B. Udju Edo, S.Pd. M.M. menutup kegiatan Pramuka
Kupang, CakrawalaNTT.com - Setelah berlangsung selama 3 hari, akhirnya kegiatan perkemahan Pramuka Gugus Depan 2403.0739-24.0740 ditutup secara resmi oleh Kepala SMP Negeri 1 Kupang Timur, Star B. Udju Edo, S.Pd. M.M. Kegiatan yang berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu (31/5 – 2/6) juga diisi dengan Kampanye Sosial tentang bahaya miras, merokok, dan bolos. Ini merupakan kerja sama pihak sekolah dengan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang.

Pramuka Penggalang Terap berpose bersama kepala sekolah dan pembina
Acara Penutupan Perkemahan Pramuka ini pula diadakan sekaligus sebagai acara perpisahan Pramuka Penggalang Terap. Pramuka Penggalang Terap merupakan siswa-siswi yang tergabung dalam keanggotaan Pramuka yang baru saja menamatkan jenjang pendidikan SMP di sekolah tersebut.

Dalam sambutannya menutup kegiatan tersebut, Star menyampaikan profisiat dan terima kasihnya kepada pengurus Pramuka Gugus Depan 2403.0739-24.0740 yang telah bekerja keras melangsungkan kegiatan ini. Baginya, melalui kegiatan ini, siswa-siswi SMP Negeri 1 Kupang Timur semakin sadar akan kedisiplinan hidup serta mental mereka sebagai anggota Pramuka semakin terasah.

Star juga menyampaikan terima kasihnya kepada para mahasiswa dan dosen pendamping atas kesediaan mereka mengisi kegiatan selama tiga hari. Menurutnya, kampanye sosial yang diberikan sungguh berguna dan berharap kerja sama semacam ini ke depannya semakin diperbanyak.

Sebagai Pembina Pramuka, Star berpesan agar peserta kegiatan melaksanakan isi dari Dasa Dharma. Dasa Dharma tidak boleh hanya dihafalkan tetapi harus menjadi aksi nyata dan tertanam dalam diri seorang anggota Pramuka. Para peserta kegiatan juga diharapkan mampu memberi pengaruh yang baik bagi semua orang.

Vinsensius A. Agung Jangga
Vinsensius A. Agung Jangga, mahasiswa semester VI Prodi Ilmu Komunikasi, berterima kasih atas kesediaan pihak SMP Negeri 1 Kupang Timur menerima mereka untuk melakukan kegiatan kampanye. Ia berpesan bagi para siswa SMP agar tetap bersemangat, selalu setia, dan berpegang teguh pada ajaran Pramuka. Menurutnya, Pramuka secara nyata menyumbangkan begitu banyak nilai-nilai positif bagi para anggotanya untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih matang.

Lucy Max, S.Sos., M.I.Kom., dosen pendamping kegiatan kampanye sosial, dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada pihak sekolah. Ia pun menjelaskan tujuan dari kegiatan kampanye ini.

Lucy Max, S.Sos., M.I.Kom.
“Kami berterima kasih kepada Keluarga Besar SMP Negeri 1 Kupang Timur yang telah berkenan menerima kami Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNWIRA melakukan kegiatan kampanye komunikasi kami.  Semuanya kami lakukan hanya dengan satu tujuan yakni untuk membantu Keluarga Besar SMP Negeri 1 Kupang Timur melakukan sesuatu dalam kegiatan Pramuka yang ada di SMP ini,” kata Lucy.

Dosen Mata Kuliah Pemasaran Sosial ini menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilakukan. Ini merupakan cara dia sebagai dosen untuk melibatkan mahasiswanya dalam masyarakat guna menemukan dan mengatasi persoalan tersebut.

“Kegiatan ini rutin saya lakukan untuk mahasiswa, ini cara saya untuk mengajarkan mahasiswa saya untuk peduli dengan apa yang ada di masyarakat. Ini Mata Kuliah Pemasaran Sosial, saya ingin mereka turun langsung ke masyarakat, menemukan persoalan, menggunakan konsep-konsep komunikasi yang mereka pahami untuk mencoba mengatasi sesederhana apapun persoalan itu dan hasilnya adalah ini,” jelas Lucy.

Kegiatan perkemahan dan kampanye sosial yang diadakan ini, memberikan kesan tersendiri bagi para anggota Pramuka. Beberapa anggota Pramuka yang juga adalah pelajar di SMP Negeri 1 Kupang Timur merasa bahagia dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

(Dari Kiri ke Kanan) Chanda Fangidae, Wanda Sinaga, Eva Bollu, 
Dhiva Tumeluk, Yolanda Lusi, Anggun Mbatu, & Irene Mone

Demikian pengakuan Irene Mone dan kawan-kawan. Bagi mereka, kegiatan ini sangat berguna dalam melatih kedisiplinan dan mental mereka sebagai anggota Pramuka. Dalam kegiatan ini pula, mereka lebih saling mengenal antarsesama anggota. Banyak hal baik yang dapat mereka petik dalam mengikuti perkemahan dan kampanye sosial selama tiga hari ini.

“Kami merasa bahagia dan bersemangat. Kegiatan ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kami. Di sini kami dilatih untuk lebih disiplin. Mental kami lebih terasah. Kami berharap kegiatan seperti ini selalu ditingkatkan dan semoga semua siswa di SMP kami ini dapat terlibat dalam kegiatan Pramuka,” ungkap Irene dan kawan-kawan. (Lenzho/Rezo)

comments

No comments:

Post a Comment