Latest News

Tuesday, 1 May 2018

Gebyar SMK NTT 2018: Putak di Tangan SMK

Kota Kupang, CakrawalaNTT.com - Gebyar  SMK telah dibuka secara resmi pada Senin (30/4/18) di Alun-alun I.H Doko – Dinas Pendidikan Provinsi NTT. Kegiatan meriahrayakan Hardiknas 2018 ini menghadirkan 32 SMK dari berbagai daerah di NTT. 32 SMK tersebut masing-masing mendirikan stand untuk menampilkan karya kreativitas para siswa SMK sekaligus memperkenalkan keunggulan sekolah mereka.

Sejak dibukanya kegiatan ini, para pengunjung ramai berdatangan. Stand masing-masing ditata sedemikian rupa sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung sekaligus mengenal lebih dekat tentang SMK.

Banyak hal baru yang ditampilkan oleh masing-masing SMK. Inovasi kreatif, temuan-temuan baru dalam hal perikanan, pertanian, makanan, kesehatan hingga teknologi dapat dijumpai di acara ini.

Salah satu dari begitu banyak hal baru yang dapat dijumpai adalah adanya pengembangan lebih dalam ketahanan pangan yakni makanan sehat yang terbuat dari tepung putak. Memang bukanlah hal baru bila mengatakan bahwa putak dapat menjadi makanan, namun melalui tangan anak-anak SMK yang begitu terampil berinovasi, putak tak lagi sekadar makanan biasa.

Adalah SMKN Boking, sebuah SMK dari Kabupaten TTS. SMK ini menampilkan atau memamerkan temuan mereka  berupa makanan yang dibuat berbahan dasar dari tepung putak (disari dari batang pohon gewang). Di SMK ini pula, tepung putak kiranya secara serius terus dikembangkan penggunaannya. Mengingat pohon gewang dapat tumbuh subur di daerah Timor ini, maka tak bisa dimungkiri bahwa pemanfaatan tepung putak sebagai bahan dasar makanan merupakan pilihan yang tepat untuk dikembangkan lebih jauh.

"Kami terus berinovasi dan mengembangkan penggunaan tepung putak ini. Tidak hanya sebagai makanan ternak dan ikan, sejak dahulu pun tepung putak ini sudah menjadi makanan harian bagi sebagian besar masyarakat di daerah kami,” jelas Welly, seorang guru SMKN Boking, pengembang penggunaan tepung putak. 

Dari tepung putak ini, yang sering dipakai sebagai pengganti tepung terigu, berbagai jenis makananpun dapat dihasilkan. Beberapa makanan jadi yang dapat dilihat dan bisa dicicipi langsung di stand SMKN Boking ini adalah bakso dan beragam jenis kue. Tak diragukan lagi, tepung putak setelah diolah oleh siswa SMK, benar-benar menjadi santapan nikmat dan sehat. SMK Bisa! (Lenzho/Rezo)
comments

No comments:

Post a Comment