Latest News

Saturday, 4 November 2017

Komunitas Anak Teknik Gelar Workshop Pelatihan Robotika di SD Muhammadiyah 1



Kota Kupang, Cakrawala NTT - Guna meningkatkan bakat dan minat para peserta didik, Komunitas Anak Teknik mengadakan Pelatihan Robotika, dengan tema “Akselerasi Iptek Anak Bangsa.” Kegiatan Pelatihan ini berlangsung  di ruang kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang yang beralamat di Jln.Gunung Mutis, No.26, Kelurahan Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Sabtu (4/11/2017).
Wati Umar, S.E.
Kepala SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang, Wati Umar, S.E. menyambut baik tim dari Komunitas Anak Teknik yang mengadakan pelatihan robotika di sekolahnya. 
“Kegiatan yang melibatkan anak-anak dalam meningkatkan bakatnya ini merupakan kerinduan saya selama ini. Kegiatan oleh Komunitas Anak Teknik ini baru pertama kali diadakan di NTT  khususnya di Kota Kupang oleh karena itu kami dari pihak sekolah sangat antusias menerima Tim Komunitas Anak Teknik yang mau membagikan ilmunya  terkait tentang robot,” jelas Wati kepada awak media.





Ketua Komunitas Anak Teknik, Arkastra Bhrevijana, menjelaskan  bahwa Komunitas Anak Teknik ini sebatas perkumpulan mahasiswa dan pelajar yang ingin menjembatani antara dunia pendidikan dengan dunia industri.
“Salah satu bentuk pengabdian dari kami yaitu memberikan pelatihan tentang robot. Kami mengadakan pelatihan tentang robot untuk peserta didik karena adanya kebutuhan akan pengetahuan tentang perkembangan global yang saat ini semakin marak dalam bidang teknologi. Oleh karena itu maka lewat pelatihan Robotika ini diharapkan mampu memunculkan minat dan bakat anak untuk ingin mengetahui dan tertarik lebih dalam lagi terkait dunia teknologi,” terang Arkastra.
Sejauh ini memang yang diadakan  di NTT baru pertama kali di Kota Kupang yaitu di SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang ini.
“Pelatihan terkait robotika ini sudah pernah diadakan di daerah Jawa khususnya di Surabaya dan sekitarnya, tapi di NTT baru pertama kali di SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang ini,” kata Alumni Poltek  Elektro Negeri Surabaya,jurusan Elektronika  tersebut.


Perlombaan di tingkat nasional maupun internasional sering diadakan, kebanyakan diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa. Ia berharap agar pelatihan kali ini menjadi motivasi dalam menggali minat dan bakat anak dalam robotika agar anak-anak juga ikut berkreasi dalam setiap event yang akan diadakan nantinya.  Ia juga mengatakan bahwa akan membimbing mereka terus agar bisa ikut berkompetisi di tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional.
“Komunitas Anak Teknik siap membimbing  anak-anak terkait dengan robot-robot yang siap untuk ikut berkompetisi di tingkat Nasional maupun tingkat Internasional. Pada komunitas ini juga banyak link yang akan mengadakan even perlombaan tentang robot,” tambah Arkastra. (Lenzho/RZ)



comments

No comments:

Post a comment