Latest News

Wednesday, 25 January 2017

Komunitas P3MD Adakan Debat Malam Minggu


Borong, Cakrawala NTT

Komunitas P3MD yang didirikan sejak tahun 2010 merupakan sebuah komunitas yang anggotanya terdiri dari anak-anak Kampung Deru. Pada umunya anggota komunitas yang berjumlah sekitar 300 orang ini masih berada di bangku sekolah, baik itu SD, SMP, maupun SMA. Ada juga beberapa Sarjana yang bergabung di komunitas ini. Inisiator pertama pembentukan komunitas P3MD ini adalah Lodofikus Datun, Laurens Dus, Nardi Virgo, dan Rudolfus Djama.

Sabtu (21/01/17), komunitas P3MD ini mengadakan kegiatan debat yang mengusung tema, “Kekerasan dalam Dunia Pendidikan.” Kegiatan debat ini dibimbing langsung oleh Rikardus Derosari selaku ketua umum dan Mulia Donan selaku Pembina muda. Rikardus Derosari mengungkapkan bahwa kegiatan debat tersebut merupakan wadah untuk mengembangkan bakat, kemampuan dan mental yang dimiliki oleh anggota P3MD. Kegiatan tersebut melatih mereka untuk  berani mengeluarkan pendapatnya dan mengarahkan mereka untuk dapat berpikir kritis. Di samping itu,  Rikardus juga menuturkan bahwa kegiatan debat ini dilaksanakan guna memanfaatkan waktu malam minggu.

“Kebanyakan anak muda menggunakan waktu di malam minggu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Mereka tidak memanfaatkan malam minggu dengan kegiatan-kegiatan yang berguna bagi dirinya. Sementara kami berusaha agar malam minggu menjadi malam yang bermanfaat bagi kami dalam mengembangkan bakat,” tutur Rikardus.

Di kesempatan yang sama, Mulia Donan selaku Pembina muda P3MD mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan senang ketika melihat anak-anak Kampung Deru mempunyai kesadaran untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

“Ini sangat penting untuk terus dikembangkan dalam dunia pendidikan, apalagi anak-anak yang terlibat dalam kegiatan debat seperti ini adalah anak-anak SD, SMP, dan SMA,” papar Mulia.

Kegiatan debat tersebut berlangsung dengan baik. Anggota komuitas yang terlibat di dalam kegiatan ini terlihat sangat antusias dan sangat bersemangat, sehingga proses pengembangan kemampuan mereka dapat berjalan dengan baik. (*)
comments

No comments:

Post a Comment